10 Destinasi Kuno yang Penuh Misteri, Lost Atlantis hingga Sphinx

Selasa, 30 Januari 2024 - 20:05 WIB
loading...
10 Destinasi Kuno yang Penuh Misteri, Lost Atlantis hingga Sphinx
Banyak destinasi kuno yang menjadi tempat sejarah dan menyimpan misteri, penuh dengan teka-teki yang belum terpecahkan. Foto/ shutterstock
A A A
JAKARTA - Banyak destinasi kuno yang menjadi tempat sejarah dan menyimpan misteri, penuh dengan teka-teki yang belum terpecahkan.

Sebut saja Atlantis, tempat legendaris hingga rahasia tenggelamnya Heracleion. Kota-kota ini di balik pasir, tenggelam di bawah laut atau terletak di hutan terpencil, menyimpan kunci untuk mengungkap misteri peradaban manusia.



Tidak itu saja, ada banyak destinasi menarik lainnya yang memberi pengalaman luar biasa. dikutip starsinsider, berikut ulasannya.

Destinasi Sejarah yang Penuh Misteri

1. Lost Atlantis

Atlantis merupakan pulau legendaris yang pertama kali disebutkan oleh Plato pada 360 SM. Plato menggambarkannya sebagai peradaban maju yang tiba-tiba lenyap. Sejarawan dan arkeolog telah mencari bukti keberadaan Atlantis, namun keberadaannya masih menjadi topik perdebatan dan spekulasi. Hilangnya makhluk ini telah memicu banyak teori, menjadikannya sebuah misteri sejarah yang menawan.

2. Machu Picchu

Machu Picchu terletak tinggi di pegunungan Andes di Peru, adalah benteng Inca kuno yang menimbulkan pertanyaan tentang tujuannya. Dipercaya dibangun pada abad ke-15, bangunan ini menunjukkan ketepatan arsitektur yang luar biasa. Para ahli memperdebatkan apakah itu merupakan kawasan kerajaan, tempat suci keagamaan, atau observatorium astronomi.
10 Destinasi Kuno yang Penuh Misteri, Lost Atlantis hingga Sphinx

3. Angkor Wat

Angkor Wat adalah kompleks candi yang luas di Kamboja yang terkenal dengan kemegahan dan ukirannya yang rumit. Dibangun pada abad ke-12 oleh Kekaisaran Khmer. Terlepas dari signifikansi historisnya, masih ada misteri seputar penurunannya.

4. Sphinx

Sphinx Agung Giza, dengan tubuh singa dan kepala manusia, adalah simbol penentu Mesir kuno. Namun, asal usul dan tujuannya masih diselimuti misteri. Meskipun umumnya dikaitkan dengan piramida, peran pasti Sphinx tidak diketahui, dan usianya masih menjadi subjek penelitian.
10 Destinasi Kuno yang Penuh Misteri, Lost Atlantis hingga Sphinx

5. Petra

Petra, yang terletak di Yordania, terkenal dengan arsitektur bebatuan dan tebing merah mawar yang mencolok. Bangsa Nabatean diyakini membangunnya sekitar abad ke-5 SM. Misteri Petra berkisar pada tujuannya dan peradaban Nabatean yang mengukirnya di pegunungan

6. Easter Island

Easter Island atau Pulau Paskah menjadi salah satu pulau berpenghuni paling terpencil, terkenal dengan patung batu raksasa yang disebut Moai. Misterinya terletak pada bagaimana masyarakat Rapa Nui kuno mengangkut dan mendirikan patung-patung raksasa ini. Selain itu, alasan kemunduran peradaban mereka yang pernah berkembang pesat masih belum sepenuhnya dipahami.
10 Destinasi Kuno yang Penuh Misteri, Lost Atlantis hingga Sphinx

7. Great Zimbabwe

Great Zimbabwe adalah kota kuno yang terkenal dengan tembok batunya yang mengesankan. Meskipun jelas bahwa kota ini merupakan pusat perdagangan dan kebudayaan yang penting, identitas para pembangunnya dan alasan kemundurannya masih misterius. Peradaban yang menciptakannya tidak meninggalkan catatan tertulis, meninggalkan para sejarawan dengan teka-teki yang harus dipecahkan.

8. Teotihuacan

Teotihuacan, yang terletak di Meksiko, memiliki Piramida Matahari, salah satu piramida terbesar di dunia. Identitas peradaban yang membangun Teotihuacan dan alasan di balik kemundurannya masih belum diketahui secara pasti.


9. Stonehenge

Stonehenge, yang terletak di Inggris, berbentuk lingkaran batu berdiri besar. Tujuan, metode konstruksi, dan budaya yang membangunnya menjadi subyek intrik. Teorinya beragam, mulai dari observatorium astronomi hingga situs keagamaan, namun jawaban pasti masih sulit diperoleh.

10. Troy

Troy, yang terletak di Turki modern, mendapatkan ketenaran melalui puisi epik Homer, Iliad dan Odyssey. Peran kota ini dalam Perang Troya dan kehancurannya telah menjadi bahan mitos dan perdebatan. Penggalian arkeologi di situs tersebut bertujuan untuk mengungkap realitas sejarahnya.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1366 seconds (0.1#10.140)