7 Tips Merawat Kulit Bayi Baru Lahir, Jangan Lupa Pakai Krim Pelembap

Selasa, 30 Januari 2024 - 17:47 WIB
loading...
A A A
Meskipun pelembap direkomendasikan, area lipatan kulit tidak boleh lembap. Kelembapan yang tertahan di area lipatan rentan terhadap ruam kulit. Hal ini bisa menjadi masalah kulit. Untuk mencegah ruam, gesekan, dan pengelupasan kulit, bersihkan semua lipatan kulit dua kali sehari.

4. Jangan Terlalu Sering Memandikan Bayi

Tubuh bayi baru lahir tidak terlalu kotor sehingga tidak perlu terlalu sering memandikannya. Jika orangtua terlalu sering memandikannya, seperti lebih dari tiga kali dalam seminggu, maka ini bisa menghilangkan kadar minyak alami pada tubuhnya. Perlu diketahui, minyak alami tubuh bayi bisa menjaga kulit bayi dari kekeringan. Hindari menggunakan sabun batangan. Pilih sabun cair yang lembut untuk menjaga kelembaban kulit bayi.

5. Hindari Menggunakan Bedak Bayi

Untuk newborn, bedak bayi tidak perlu digunakan. Sebab partikel bedak dapat terhirup dan masuk ke dalam paru-paru bayi. Hal tersebut dapat menyebabkan masalah kesehatan.

6. Pilih Produk yang Aman untuk Bayi

Sampai bayi berusia sekitar satu tahun, sebaiknya gunakan sabun dan sampo yang diformulasikan khusus untuk bayi. Umumnya produk bayi tidak beracun, tidak mengandung atau sedikit pewarna, deodoran, alkohol, dan bahan lain yang bisa berbahaya bayi kulit bayi.

Tak hanya sabun dan sampo, perhatikan pula deterjen yang digunakan untuk mencuci pakaian bayi. Pilih yang dibuat khusus untuk pakaian bayi.

7. Merawat Kulit Kepala Bayi

Merawat kulit bayi termasuk menjaga kebersihan kulit kepala bayi. Sebab, kulit kepala bayi baru lahir sering terlihat kering atau mengelupas seperti ketombe. Bahkan kulit kepala bayi yang baru lahir dipenuhi oleh bercak pengerasan kulit seperti sisik berwarna kekuningan, tebal, dan disertai minyak. Kondisi kulit kepala seperti ini tidak berbahaya dan akan menghilang dengan sendirinya setelah beberapa bulan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0853 seconds (0.1#10.140)