Daftar Makanan yang Bisa Dibekukan, Bisa Hemat Waktu dan Uang

Rabu, 31 Januari 2024 - 06:00 WIB
loading...
Daftar Makanan yang Bisa Dibekukan, Bisa Hemat Waktu dan Uang
Banyak makanan yang kita buang setiap hari sebenarnya dapat diperpanjang umur, hanya dengan membekukannya. Foto/ shutterstock
A A A
JAKARTA - Sering kali sisa makanan berakhir di tempat sampah, namun banyak makanan yang kita buang setiap hari sebenarnya dapat diperpanjang umur simpannya, yakni hanya dengan membekukannya saja.

Beberapa dari kita mungkin enggan membekukan makanan tertentu, karena kita mengira makanan tersebut hanya bisa dimakan segar atau hanya karena kita tidak tahu makanan tersebut bisa dibekukan. Tentu ini bisa membuat Anda menghemat waktu dalam pengolahan makana yang tersimpan di lemari es.



Selain itu, makanan yang disimpan juga bisa membuat Anda menghemat uang. Jadi, pernahkah Anda berpikir untuk membekukan telur atau keripik kentang, misalnya? Bagaimana dengan susu atau tepung? Dikutip starsinsider, berikut makanan yang bisa dibekukan.

Makanan yang Bisa Dibekukan

Keripik kentang

Keripik kentang sebagian besar bebas kelembapan, jadi mencairkannya tidak akan membuatnya basah. Ditambah lagi, Anda bisa memakannya langsung dari freezer. Cobalah!

Telur

Ya, Anda bisa membekukan telur, tetapi Anda harus membuang cangkangnya. Anda bisa membekukannya di wadah tersendiri atau mengocoknya. Anda juga bisa memisahkan kuning dan putihnya jika mau.

Susu

Susu bisa dibekukan seperti banyak makanan lainnya. Berhati-hatilah untuk tidak menggunakan sumber panas untuk mencairkannya.

Tepung

Membekukan tepung akan memperpanjang umur simpannya. Pastikan Anda menyimpannya dalam wadah kedap udara.

Keju

Keju semi-keras dan beberapa keju keras cocok untuk dibekukan. Anda bisa membekukan keju dalam bentuk balok atau diparut. Berhati-hatilah terhadap beberapa keju lunak (misalnya Brie dan krim keju), karena keju ini tidak cocok untuk dibekukan.

Pasta tomat

Berapa kali Anda menggunakan satu sendok makan dan sisanya terbuang percuma? Solusinya? Bekukan pasta tomat dalam porsi sendok makan.

Alpukat

Ini adalah penyelamat ketika Anda mendambakan guacamole dan tidak memiliki alpukat segar di rumah. Alpukat yang sudah dicairkan tidak terlalu bagus untuk salad.

Sup

Bekukan sup dalam wadah yang sesuai. Penting untuk menghitung ukuran porsi dengan benar karena setelah Anda mencairkannya, Anda harus memakannya.

Pasta

Memasak pasta dalam jumlah besar dan membekukannya dapat membantu menyiapkan makanan lebih cepat dan mudah.

Nasi

Hal yang sama berlaku untuk nasi. Anda bisa memasak nasi terlebih dahulu dan membekukannya.

Roti

Roti segar dapat dibekukan untuk meningkatkan umur simpan. Jangan lupa untuk mengirisnya sebelum dibekukan.

Kacang

Anda bisa membekukan kacang agar tidak tengik. Masukkan saja ke dalam kantong ritsleting dan akan bertahan lama di dalam freezer.


Jahe

Potong dan kupas jahe segar dan masukkan ke dalam kantong freezer. Ini akan bertahan lama dan Anda dapat dengan mudah memarutnya.

Bawang Putih

Bawang putih adalah salah satu makanan yang enak disimpan di dalam freezer, apalagi jika dicincang.

Ayam suwir

Hal yang sama berlaku untuk ayam suwir yang dimasak. Anda dapat dengan mudah mencairkannya dan membuat sandwich atau memasak hidangan lezat lainnya.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1623 seconds (0.1#10.140)