10 Makanan yang Bikin Bahagia, Meningkatkan Hormon Dopamin

Minggu, 28 Januari 2024 - 23:15 WIB
loading...
10 Makanan yang Bikin Bahagia, Meningkatkan Hormon Dopamin
Makanan yang bikin bahagia bekerja dengan meningkatkan hormon dopamin secara alami. Dopamin sering disebut sebagai neurotransmitter perasaan baik. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Makanan yang bikin bahagia bekerja dengan meningkatkan hormon dopamin secara alami. Dopamin, yang sering disebut sebagai neurotransmitter "perasaan baik", memainkan peran penting dalam menjaga kesejahteraan secara keseluruhan.

Hormon ini mengatur suasana hati, kesenangan, dan motivasi, berkontribusi pada kondisi mental positif. Tingkat dopamin yang memadai dikaitkan dengan peningkatan fokus, perhatian, dan fungsi kognitif. Terlibat dalam aktivitas seperti olahraga, meditasi, dan konsumsi makanan yang bikin bahagia dapat meningkatkan produksi dopamin.

Selain itu, interaksi sosial, pencapaian tujuan, dan paparan sinar matahari berdampak positif terhadap pelepasan dopamin. Menyeimbangkan pilihan gaya hidup, mengelola stres, dan memastikan tidur yang cukup adalah kunci untuk mendukung tingkat dopamin yang optimal, meningkatkan kesehatan mental, dan rasa puas.

Makanan yang Bikin Bahagia



Berikut makanan yang bikin bahagia dilansir dari Times of India, Minggu (28/1/2024).



10 Makanan yang Bikin Bahagia, Meningkatkan Hormon Dopamin

Foto/Infografis SINDOnews

1. Jamur


Jamur adalah sumber vitamin D serbaguna dan non-hewani, nutrisi yang dikenal karena potensi kualitas antidepresannya. Vitamin D memainkan peran penting dalam mengatur suasana hati dan dikaitkan dengan sintesis serotonin, yang dapat berdampak positif pada keadaan emosi. Dari sup hingga tumisan gurih, jamur menawarkan cara menyenangkan untuk membangkitkan semangat Anda.

2. Alpukat


Selain tekstur dan rasanya yang lembut, alpukat juga kaya akan nutrisi. Dikemas dengan vitamin B3 dan asam lemak omega-3, alpukat berkontribusi terhadap produksi serotonin dan secara ilmiah dikaitkan dengan perbaikan suasana hati. Tambahkan alpukat ke dalam salad, sandwich, atau sebagai camilan mandiri untuk menambah kebahagiaan di hari Anda.

3. Tomat Ceri


Kecil namun kuat, tomat ceri mengandung likopen, fitonutrien yang dikaitkan dengan sifat meningkatkan suasana hati. Lycopene memiliki efek antioksidan dan dapat berkontribusi mengurangi gejala depresi, menjadikan tomat ceri sebagai tambahan warna-warni dan bermanfaat untuk diet Anda. Nikmati dalam salad, pasta, atau sebagai camilan menyegarkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2905 seconds (0.1#10.140)