3 Film yang Dibintangi Aminah Cendrakasih, Aktris dengan Ratusan Karya

Rabu, 31 Januari 2024 - 09:39 WIB
loading...
3 Film yang Dibintangi Aminah Cendrakasih, Aktris dengan Ratusan Karya
Film yang dibintangi Aminah Cendrakasih sejak awal karier hingga tutup usai mencapai ratusan judul. Foto/Instagram @sidoelanaksekolahan
A A A
JAKARTA - Film yang dibintangi Aminah Cendrakasih sejak awal karier hingga tutup usia mencapai ratusan judul. Hal itu menjadi bukti betapa Aminah telah mendedikasikan hidupnya untuk perfilman nasional.

Nama mendiang Aminah Cendrakasih belakangan kembali menggema setelah sosok aktris kelahiran 29 Januari 1938 ini muncul di Google Doodle beberapa hari lalu. Tentu itu terjadi bukan tanpa alasan, mengingat kiprahnya di dunia film sejak era 1950-an.

Ya, Aminah memang memulai karier film sejak era tersebut. Hingga jelang tutup usia, wanita kelahiran Magelang ini masih eksis di dunia yang telah membesarkan namanya itu.



Ada banyak sekali film yang sudah dibintangi artis yang wafat pada 21 Desember 2022 ini, dan berikut adalah segelintir di antaranya.

Film yang Dibintangi Aminah Cendrakasih

1. Asrama Dara

Film drama musikal yang rilis pada 1958 ini disutradarai oleh Usmar Ismail. Dalam film ini, Aminah beradu akting dengan Baby Huwae, Bambang Hermanto, Bambang Irawan, Chitra Dewi, Fifi Young, Nun Zaririna, dan Rendra Karno.


2. Benyamin Raja Lenong

Lewat film ini Aminah dipertemukan pertama kali dengan Benyamin Sueb, suaminya di serial Si Doel Anak Sekolah yang begitu fenomenal. Dalam film yang dirilis pada 1975 ini, Aminah berperan sebagai Mimin, janda yang hidup dengan adiknya. Ia bertetangga dengan Benyamin, seorang pemain lenong.

3. Akhir Kisah Cinta si Doel

Inilah film terakhir Aminah Cendrakasih sebelum tutup usia. Akhir Kisah Cinta si Doel yang rilis pada 2020 merupakan sekuel film Si Doel The Movie 2. Saat melakoni perannya di sini, kondisi kesehatan Aminah sudah menurun dan tak bisa melihat akibat menderita glaukoma.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1929 seconds (0.1#10.140)