6 Tips Memilih Sabun Muka sesuai Jenis Kulit, Jangan Asal

Rabu, 31 Januari 2024 - 07:30 WIB
loading...
6 Tips Memilih Sabun Muka sesuai Jenis Kulit, Jangan Asal
Memilih sabun muka yang tepat sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Produk yang ideal bergantung pada jenis kulit Anda. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Memilih sabun muka yang tepat sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Produk yang ideal bergantung pada jenis kulit Anda.

Ada berbagai macam jenis kulit, antara lain kulit berminyak, kulit berjerawat, dan masih lain sebagainya. Semua keadaan kulit tersebut tidak dapat diatasi dengan satu sabun cuci muka yang sama.

Kulit kering tentu butuh sabun cuci muka yang melembabkan. Sementara kulit berminyak pasti butuh sabun cuci muka dengan kandungan penangkal minyak di wajah. Jika menggunakan kandungan yang salah, kulit wajah malah akan rusak. Itulah mengapa memilih sabun cuci muka yang tepat sangat penting.



Mengutip laman Times of India, Rabu (31/1/2024), berikut panduan sederhana untuk membantu menemukan pembersih wajah terbaik untuk jenis kulit Anda.

1. Kulit Normal

Untuk kulit normal, pembersih wajah yang lembut dan menghidrasi sangat cook. Carilah produk dengan bahan-bahan seimbang yang membersihkan tanpa menghilangkan minyak alami.

2. Kulit Berminyak

Individu dengan kulit berminyak mendapat manfaat dari pembersih bebas minyak, berbusa, atau berbahan dasar gel. Bahan-bahan seperti asam salisilat atau benzoil peroksida membantu mengontrol minyak berlebih dan mencegah timbulnya jerawat.

3. Kulit Kering

Kulit kering membutuhkan pembersih wajah yang menghidrasi dan menutrisi untuk mencegah hilangnya kelembaban lebih lanjut. Carilah pembersih yang mengandung bahan-bahan seperti asam hialuronat, gliserin, atau ceramide.


4. Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi memerlukan pendekatan yang seimbang. Gunakan pembersih lembut yang tidak membuat kulit terlalu kering atau melembabkan secara berlebihan. Pembersih berbahan dasar gel dengan tambahan hidrasi bekerja dengan baik.

5. Kulit Sensitif

Individu dengan kulit sensitif sebaiknya memilih pembersih wajah yang bebas pewangi dan hipoalergenik. Carilah bahan-bahan yang menenangkan seperti chamomile atau lidah buaya.

6. Kulit Rawan Berjerawat

Bagi yang rentan berjerawat, mencuci muka dengan asam salisilat atau benzoil peroksida sangat bermanfaat. Bahan-bahan ini membantu membuka pori-pori yang tersumbat dan mencegah timbulnya jerawat.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1428 seconds (0.1#10.140)