5 Cara Alami Menunda Menstruasi, Jus Lemon Membantu Mencegah Pendarahan

Kamis, 01 Februari 2024 - 23:53 WIB
loading...
5 Cara Alami Menunda Menstruasi, Jus Lemon Membantu Mencegah Pendarahan
Sebagian wanita kerap menunda menstruasi karena menyebabkan nyeri. Ada cara alami mengatasinya, seperti jus lemon. Foto/ times of india.
A A A
JAKARTA – Sebagian wanita kerap menunda untuk menstruasi pada beberapa kesempatan, seperti saat liburan, tur resmi atau menikmati pesta.

Pasalnya, menstruasi tidak hanya menyebabkan ketidaknyamanan yang berlebihan, selain nyeri spasmodik dan kram, ada juga gejala-gejalanya lain yang dirasakan, seperti payudara bengkak dan kembung.



Menyiasai hal ini, ada cara alami menunda menstruasi. Dikutip times of india, berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk menunda siklus bulanan.

Cara alami menunda menstruasi

1. Cuka sari apel

Cuka sari apel adalah obat alami yang efektif untuk menunda menstruasi dan meredakan gejala PMS. Encerkan cuka sari apel dalam air setidaknya seminggu sebelum tanggal perkiraan siklus dan ini mungkin bisa membantu.

Menurut penelitian, wanita penderita PCOD bisa mengalami penurunan kadar insulin sehingga menyebabkan pembekuan darah dan memperlancar aliran darah jika mengonsumsi cuka sari apel. Namun, bukan berarti aliran darah akan terhenti sama sekali.

2. Jus lemon

Ini adalah salah satu metode tertua untuk menunda menstruasi. Konsumsilah jus lemon dalam jumlah sedang untuk penundaan menstruasi sesuai penelitian dan laporan anekdot. Namun, tidak ada bukti medis yang membuktikan bahwa lemon dapat membantu mencegah pendarahan. Jika Anda mencoba teknik ini, campurkan dua sendok jus lemon ke dalam segelas air atau minum dengan teh tanpa gula.

3. Agar-agar

Minumlah air agar-agar sekali sehari selama 3-4 hari sebelum tanggal perkiraan menstruasi, ini adalah obat ajaib yang dapat menunda siklus menstruasi untuk beberapa waktu. Namun, asupan gelatin yang berlebihan bisa menyebabkan gangguan pencernaan dan kembung.

4. Teh kayu manis

Teh kayu manis membantu menunda menstruasi, mengurangi peradangan, kram menstruasi dan memberikan kelonggaran jika pendarahannya banyak. Ini adalah obat ajaib tanpa efek samping apa pun. Teh kayu manis memiliki rasa yang enak, enak dan juga menyehatkan.

5. Semangka

Semangka menenangkan perut dan penuh nutrisi. Buah yang manis, berair, dan berdaging adalah obat yang sangat baik untuk menunda menstruasi. Ambil semangkuk semangka segar dan dingin 7 hari sebelum tanggal perkiraan siklus Anda untuk hasil yang baik. Hindari makanan pedas karena dapat menyebabkan pendarahan hebat.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1526 seconds (0.1#10.140)