Asyik Walau Enggak Mudik

Sabtu, 09 Juni 2018 - 18:30 WIB
Asyik Walau Enggak Mudik
Asyik Walau Enggak Mudik
A A A
HANGATNYA kebersamaan lewat silaturahmi dan saling memaafkan menjadi ciri khas saat Lebaran. Idul Fitri pun menjadi momen yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga tercinta.

Tidak terkecuali bagi beberapa selebgram ini yang bercerita tentang kegiatannya menyambut hari raya Idul Fitri. Mau tahu keseruan mereka? Yuk, disimak! Alzera Geny Netriana, selebgram cantik yang rutin video cover di akun Instagram-nya, bercerita kalau dirinya baru saja bersiap menyambut Lebaran.

Sea, panggilan akrabnya, melakukan bersih-bersih rumah dan membuat kue untuk disajikan saat Idul Fitri nanti. "Aku nemenin ibu ngadonin kue, biar nanti di meja ada hiasan kue-kue kecil sedikit," ceritanya.

Bila kebanyakan orang ingin lebih praktis, hal itu tak berlaku bagi Sea yang mengaku tiap tahunnya selalu membuat sendiri kue dan makanan lainnya untuk persiapan Lebaran. "Iya pasti bikin, kalau nggak pasti ngerasa ada yang kurang. Selain kue, yang khas banget itu sambel aceh, rendang daging, dan sayur nangka. Ah jadi ngiler," kata gadis lulusan Psikologi ini.

Lahir dan menetap di Pontianak, membuat Sea tidak bisa merasakan euforia mudik ketika Lebaran. Ia berbagi cerita keseruannya menjelang dan saat Lebaran, yang hanya dihabiskan di Kota Khatulistiwa ini.

"Saat malam takbiran, paling ngeliatin anak-anak yang main kembang api sambil mendengarkan takbir. Jalanan juga pasti padat banget . Selain itu, aku pun nggak dibolehin nonton meriam karbit, karena acaranya pasti jam 12 malam," katanya yang ternyata tidak diperbolehkan keluar pada malam hari, untuk menonton Festival Meriam Karbit yang biasanya diadakan di dekat Sungai Kapuas pada saat malam takbiran. Tak sampai di situ, momen seru lain pun dirasakan Sea seusai salat ied.

"Setelah salat Idul Fitri bersama-sama, langsung menyerbu rumah kakek. Jadi keluarga besar semua ngumpul di sana. Salam-salaman dan makan lontong buatan nenek. Setelah itu, baru deh keliling rumahrumah tetangga. Terakhir open house di rumah sendiri sampai malam," ujar Sea.

Dari semua rangkaian kegiatannya selama Lebaran, gadis berambut sebahu ini menjawab dengan penuh semangat saat ditanyai bagian apa yang paling ia nantikan saat Idul Fitri. "Hal yang paling ditunggu-tunggu adalah ritual pembagian amplop dong. Kalau di Pontianak namanya tanggoan atau nanggo , serunya karena saling berebut gitu, " sahutnya sambil tertawa.

Hal serupa juga dialami Gretha Hermadisya, yang juga lewat Instagram dan YouTube karena kemerduan suaranya. Tidak memiliki kampung halaman membuat Gretha setiap tahunnya hanya merayakan Lebaran di tempat tinggalnya. "Tradisi khusus saat Lebaran nggak ada sih .

Cuma dari subuh itu sebelum salat ied, pergi ke rumah tante-tanteku, yang rumahnya dekat-dekat sini," ungkap mahasiswi Universitas Negeri Bengkulu ini. Ber beda dengan kedua wanita hits sebelumnya, Safana Auriza, selebgram berhijab ini selalu merayakan Lebaran di Bogor.

"Lebaran biasanya aku ke Bogor, karena banyak saudara yang tinggal di sana," katanya. Ditambahkannya, "Biasanya aku kalau di Bogor pas kumpul dengan keluarga besar pasti rame banget . Dari malam takbirannya juga biasanya ke luar lihat takbiran keliling," tambahnya. Bercengkerama bersama kerabat jauh saat Lebaran menjadi momen berharga.

Hal ini juga dirasakan cewek dengan jumlah follower lebih dari 200 ribu ini. "Biasanya ngomongin aku (jadi selebgram), hahaha. Apalagi saudarasaudara aku yang masih SD dan SMP mereka ngadu ke mama kalau komentarnya di Instagram enggak aku balas atau followback mereka," ceritanya sambil tertawa.

Seperti remaja pada umumnya, tak dapat dimungkiri kalau Safana tak melewatkan sesi bagi-bagi tunjangan hari raya (THR). Ada tradisi unik yang di lakukan keluarga Safana saat berbagi amplop THR ini. "Nah, THR-nya dilempar gitu , jadi semua saling berebut dan pasti yang paling cepet ngambilnya saudara-sau dara yang masih kecil. Itu seru banget kalau lagi kumpul," tutupnya.

NOVIRA ANDIANI
GEN SINDO-Universitas Negeri Jakarta
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6670 seconds (0.1#10.140)