7 Cara Mencegah Penuaan Dini, Hindari Alkohol dan Rokok

Jum'at, 02 Februari 2024 - 19:30 WIB
loading...
7 Cara Mencegah Penuaan Dini, Hindari Alkohol dan Rokok
Ada sejumlah cara mencegah penuaan dini yang terbukti efektif. Salah satunya dengan cara rajin merawat wajah dengan skincare. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Ada sejumlah cara mencegah penuaan dini yang terbukti efektif. Salah satunya dengan cara rajin merawat wajah dengan skincare.

Pilihlah skincare yang mengandung bahan khusus untuk mengatasi penuaan. Beberapa kandungan skincare anti-aging yang bisa Anda gunakan adalah retinol dan vitamin C.

Retinol memiliki manfaat seperti mempercepat regenerasi sel kulit, menyamarkan bintik hitam dan kerutan di wajah sehingga kulit Anda akan kencang dan berseri. Untuk mencegah penuaan, Anda disarankan untuk memakai retinol sejak berusia 25 tahun.

Sementara vitamin C, kaya akan antioksidan yang efektif untuk mengurangi dampak inflamasi, meratakan warna kulit dan meningkatkan kolagen. Anda bisa menggunakan serum atau pelembab yang mengandung kandungan di atas.



Selain rajin menggunakan skincare, penggunaan masker wajah juga sangat direkomendasikan. Sangat dianjurkan menggunakan masker yang menenangkan kulit saat malam hari.

Selengkapnya, berikut beberapa cara mencegah penuaan dini yang bisa kamu lakukan sejak usia muda.

Cara Mencegah Penuaan Dini


1. Rajin Cuci Muka


Idealnya, bersihkan wajah dua kali sehari dengan menggunakan sabun pencuci wajah khusus. Cuci muka setelah beraktivitas di luar dapat mencegah polusi, keringat, debu dan kotoran menumpuk di wajah. Apabila tidak dibersihkan, kotoran dan sel kulit mati bisa menumpuk dan memperparah tanda penuaan di kulit.

2. Gunakan Sunscreen


Paparan sinar matahari atau sinar ultraviolet yang berlebihan bisa menyebabkan munculnya berbagai tanda penuaan seperti warna kulit tidak merata, munculnya kerutan hingga risiko kanker kulit.

Karena itu, kamu disarankan untuk menghindari paparan sinar matahari langsung, terutama di atas jam 10 pagi sampai jam 4 sore. Jika Anda harus keluar ruangan maka Anda harus memakai sunscreen atau tabir surya yang memiliki SPF di atas 30.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1413 seconds (0.1#10.140)