7 Cara Mencegah Penuaan Dini, Hindari Alkohol dan Rokok

Jum'at, 02 Februari 2024 - 19:30 WIB
loading...
7 Cara Mencegah Penuaan Dini, Hindari Alkohol dan Rokok
Ada sejumlah cara mencegah penuaan dini yang terbukti efektif. Salah satunya dengan cara rajin merawat wajah dengan skincare. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Ada sejumlah cara mencegah penuaan dini yang terbukti efektif. Salah satunya dengan cara rajin merawat wajah dengan skincare.

Pilihlah skincare yang mengandung bahan khusus untuk mengatasi penuaan. Beberapa kandungan skincare anti-aging yang bisa Anda gunakan adalah retinol dan vitamin C.

Retinol memiliki manfaat seperti mempercepat regenerasi sel kulit, menyamarkan bintik hitam dan kerutan di wajah sehingga kulit Anda akan kencang dan berseri. Untuk mencegah penuaan, Anda disarankan untuk memakai retinol sejak berusia 25 tahun.

Sementara vitamin C, kaya akan antioksidan yang efektif untuk mengurangi dampak inflamasi, meratakan warna kulit dan meningkatkan kolagen. Anda bisa menggunakan serum atau pelembab yang mengandung kandungan di atas.



Selain rajin menggunakan skincare, penggunaan masker wajah juga sangat direkomendasikan. Sangat dianjurkan menggunakan masker yang menenangkan kulit saat malam hari.

Selengkapnya, berikut beberapa cara mencegah penuaan dini yang bisa kamu lakukan sejak usia muda.

Cara Mencegah Penuaan Dini


1. Rajin Cuci Muka


Idealnya, bersihkan wajah dua kali sehari dengan menggunakan sabun pencuci wajah khusus. Cuci muka setelah beraktivitas di luar dapat mencegah polusi, keringat, debu dan kotoran menumpuk di wajah. Apabila tidak dibersihkan, kotoran dan sel kulit mati bisa menumpuk dan memperparah tanda penuaan di kulit.

2. Gunakan Sunscreen


Paparan sinar matahari atau sinar ultraviolet yang berlebihan bisa menyebabkan munculnya berbagai tanda penuaan seperti warna kulit tidak merata, munculnya kerutan hingga risiko kanker kulit.

Karena itu, kamu disarankan untuk menghindari paparan sinar matahari langsung, terutama di atas jam 10 pagi sampai jam 4 sore. Jika Anda harus keluar ruangan maka Anda harus memakai sunscreen atau tabir surya yang memiliki SPF di atas 30.

3. Eksfoliasi


Eksfoliasi adalah proses pengangkatan sel-sel kulit mati. Proses tersebut bisa dilakukan melalui beberapa cara seperti chemical peeling dan physical peeling.

Chemical peeling adalah pengangkatan sel kulit mati dengan menggunakan produk skincare yang mengandung bahan eksfoliasi seperti AHA atau salycilic acid dan BHA. Sementara physical peeling adalah metode pengangkatan sel kulit mati dengan menggunakan scrub wajah.

Manfaat eksfoliasi di antaranya dapat mencegah munculnya komedo dan jerawat, merangsang kolagen, meratakan pigmentasi kulit yang tidak rata, sampai menyamarkan kerutan di wajah.



4. Makan Makanan Sehat


Makan makanan yang tidak sehat seperti makanan manis, junk food atau makanan tinggi kolesterol secara berlebihan bisa memicu penuaan dini. Makanan tersebut jika dikonsumsi berlebihan ternyata dapat merusak kolagen yang memiliki fungsi menjaga elastisitas kulit.

Oleh karena itu, Anda bisa mengatasi penuaan dini dengan cara mengurangi konsumsi makanan tidak sehat dan memperbanyak mengonsumsi makanan kaya nutrisi dan seimbang seperti buah-buahan dan sayuran. Beberapa buah dan sayur yang bisa membantu menghambat penuaan diantaranya yaitu alpukat, blueberry, bayam, brokoli, pepaya dan semangka.

5. Minum Air Putih yang Cukup


Cara mengatasi penuaan dini pada kulit berikutnya adalah dengan minum air putih yang cukup yaitu paling tidak 2 liter atau 8 gelas setiap hari. Kurangnya asupan minum air putih bisa menyebabkan tubuh kekurangan cairan dan kelembaban kulit menurun. Akibatnya kulit akan menjadi lebih kering.

6. Olahraga Rutin


Olahraga sudah dikenal baik untuk menjaga kesehatan tubuh termasuk untuk kesehatan kulit Anda. Saat olahraga tubuh akan mengeluarkan keringat yang membawa kotoran keluar dari pori-pori sehingga kulit Anda akan lebih bersih.

Tidak hanya itu, olahraga secara rutin juga bisa melancarkan peredaran darah dan merangsang produksi kolagen sehingga tanda penuaan bisa tersamarkan.

Untuk mendapatkan hasil maksimal Anda bisa rutin berolahraga selama 30 menit setiap hari seperti bersepeda, jalan kaki, berenang atau yoga.

7. Hindari Alkohol dan Rokok


Alkohol tidak hanya dapat memberi efek buruk pada sistem pencernaan dan hati namun juga bisa menyebabkan munculnya tanda penuaan dini pada kulit Anda. Konsumsi alkohol berlebihan dapat menyebabkan Anda sering buang air kecil dan akibatnya Anda bisa dehidrasi. Saat tubuh kekurangan cairan, maka kulit akan menjadi lebih kering.

Sama halnya seperti alkohol, merokok juga dapat memberi dampak buruk pada kulit. Beberapa efek buruk merokok pada kulit diantaranya yaitu rusaknya kolagen kulit, menyebabkan kulit kering dan keriput, dan menyebabkan sel kulit mati sehingga kulit Anda menjadi lebih kusam.



Itulah tujuh cara mencegah penuaan dini. Dapatkan produk perawatan kulit dan kecantikan lengkap di AladinMall . Nikmati fasilitas Gratis Ongkir dan promo belanja hemat lainnya dengan men-download aplikasi AladinMall di Play Store dan App Store . Jangan lupa untuk mengunjungi Blog AladinMall untuk mendapatkan berbagai informasi, tips dan review produk kebutuhanmu.

Petang ini ada harga spesial live AladinMall di aplikasi RCTI+. Yuk, join dan belanja sepuasnya di jeda iklan!

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2464 seconds (0.1#10.140)