5 Tips Merawat Rambut Berketombe, Cocok Buat yang Sering Beraktivitas di Luar Ruangan

Jum'at, 02 Februari 2024 - 19:40 WIB
loading...
5 Tips Merawat Rambut Berketombe, Cocok Buat yang Sering Beraktivitas di Luar Ruangan
Deretan tips merawat rambut berketombe berikut ini bisa jadi referensi bagi kamu yang ingin memiliki rambut sehat dan indah. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Deretan tips merawat rambut berketombe berikut ini bisa jadi referensi bagi kamu yang ingin memiliki rambut sehat dan indah.

Ketombe adalah kondisi kulit yang umum memengaruhi kulit kepala atau juga bisa disebut dermatitis seboroik. Ketombe juga bisa disebabkan oleh eksim, psoriasis, atau pertumbuhan berlebih dari jamur ragi yang disebut Malassezia.

Untuk mengatasi ketombe , ikuti tips merawat rambut berikut ini.

Tips Merawat Rambut Berketombe





1. Rajin cuci rambut


Ketika rambut terasa kotor atau berminyak, yang harus kamu lakukan adalah mencucinya. Mencuci rambut atau keramas terbukti mampu mengangkat sel kulit mati, kotoran dan ketombe di kulit kepala.

Anda dianjurkan untuk tidak terlalu sering mencuci rambut, misalnya dua kali sehari. Sebab, terlalu sering justru bisa menghilangkan minyak alami yang ada di rambut dan kulit kepala. Akibatnya, kulit kepala menjadi kering dan ketombe makin banyak.

2. Pakai sampo antiketombe


Untuk mengatasi ketombe , Anda bisa menggunakan sampo antiketombe. Sampo antiketombe umumnya mengandung zinc pyrithione, ketoconazole, asam salisilat, dan selenium sulfida. Selain mengatasi ketombe, jenis sampo ini juga bisa meredakan gejala-gejala yang disebabkan oleh ketombe, termasuk rasa gatal pada kulit kepala.

3. Manfaatkan tea tree oil


Selain untuk mengobati jerawat, tea tree oil juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi ketombe. Tea tree oil mampu mengurangi pertumbuhan jamur penyebab ketombe dan mengurangi rasa gatal yang ditimbulkan.

Anda dapat mencampur tea tree oil murni dengan sampo yang biasa digunakan. Cara lainnya adalah dengan mengoleskan minyak tea tree oil murni yang telah dicampur lidah buaya ke kulit kepala secara merata. Selanjutnya, pijat dengan lembut selama beberapa menit dan bilas hingga bersih.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2895 seconds (0.1#10.140)