4 Cara Alami Tambah Berat Badan Agar Ideal

Sabtu, 03 Februari 2024 - 14:55 WIB
loading...
4 Cara Alami Tambah Berat Badan Agar Ideal
Buat sebagian orang, menambah berat badan bisa sama sulitnya dengan menurunkan berat badan. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Buat sebagian orang, menambah berat badan bisa sama sulitnya dengan menurunkan berat badan. Lantas, bagaimana solusinya?

Untuk menambah berat badan, Anda tentu perlu mengonsumsi lebih banyak kalori ketimbang yang Anda bakar sepanjang hari. Kemudian, makanan yang bisa Anda konsumsi untuk menambah berat badan harus mengandung protein nabati dan hewani, lemak dan minyak, serta karbohidrat kompleks dan produk susu dari susu murni.

Bagi Anda yang kesulitan menambah berat badan, berikut beberapa solusi alami yang bisa diterapkan.

1. Tetapkan Jadwal Makan yang Teratur

Untuk mengoptimalkan pola makan yang sehat dan bergizi, penting untuk membuat jadwal makan yang teratur setiap hari. Salah satu jadwal yang disarankan untuk menambah berat badan adalah dengan mengonsumsi tiga kali makan utama dan sertakan 2-3 camilan di antara waktu makan tersebut.

2. Makan Sering dengan Porsi Kecil

Biasakan makan dengan porsi lebih kecil. Hal ini berguna agar perut Anda tidak terlalu kenyang. Sehingga Anda tetap bisa menikmati camilan sehat di sela-sela waktu makan tersebut. Secara tidak sadar, Anda akan lebih sering makan.
Apabila mampu melakukannya secara konsisten, langkah ini bisa menjadi salah satu cara menambah berat badan, bahkan hanya dalam seminggu.

3. Konsumsi Makanan Padat Nutrisi

Setidaknya ada tiga jenis makanan padat nutrisi yang perlu Anda konsumsi setiap hari. Anda bisa mencoba makanan padat karbohidrat sebagai sumber energi tubuh, seperti nasi merah, kentang, dan jagung atau pasta.

Kemudian, makanan berprotein tinggi untuk meningkatkan massa otot berupa daging tanpa lemak, dada ayam, salmon, dan telur. Terakhir, makanan tinggi lemak baik untuk menambah massa lemak sehat pada tubuh seperti kacang-kacangan, biji-bijian, keju, dan alpukat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2402 seconds (0.1#10.140)