5 Makanan yang Perlu Dihindari Penderita Ambeien, Nomor 3 Favorit Orang Indonesia

Minggu, 04 Februari 2024 - 05:50 WIB
loading...
5 Makanan yang Perlu Dihindari Penderita Ambeien, Nomor 3 Favorit Orang Indonesia
Terdapat sejumlah makanan yang sebaiknya dihindari penderita ambeien. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah makanan yang sebaiknya dihindari penderita ambeien. Salah satunya makanan favorit masyarakat Indonesia.

Ambeien atau biasa dikenal juga sebagai wasir (hemoroid) merupakan sebuah gangguan kesehatan yang terbilang mengganggu sekaligus menyakitkan. Masalah ini biasanya ditandai dengan munculnya sensasi tidak nyaman dan nyeri di area anus dan rektum.

Singkatnya, ambeien adalah peradangan pada pembuluh darah anus dan rektum. Kondisi tersebut bisa menyebabkan terjadinya tekanan pada pembuluh darah hingga menjadi pembengkakan.



Keluhan seperti ambeien memang akan hilang dengan sendirinya. Namun, para pengidapnya perlu memperhatikan asupan yang dikonsumsi, termasuk menghindari sejumlah makanan pantangan.

Makanan yang Sebaiknya Dihindari Penderita Ambeien

1. Produk Susu

Ada banyak produk susu yang mudah dijumpai. Misalnya keju, yoghurt, dan krim.

Mengutip laman Health Match, produk susu biasanya mengandung tinggi laktosa, sehingga dapat mengiritasi kulit sekitar area anus. Ketika mengonsumsi produk susu, muncul beberapa reaksi kimia yang bisa memperburuk kondisi wasir atau bahkan menjadi penyebab kemunculannya.

Selain itu, intoleransi laktosa juga dapat menyebabkan diare hingga sembelit. Jadi, Anda perlu menghindari jenis makanan tersebut, setidaknya sampai gejalanya mereda.

2. Makanan Rendah Serat

Serat menjadi komponen penting untuk pencernaan yang sehat. Tanpa serat yang cukup, tinja mungkin akan menjadi lebih sulit untuk dikeluarkan.

Pada penderita ambeien, ada sejumlah kebiasaan buruk yang sering dilakukan. Salah satunya adalah terlalu banyak mengonsumsi jenis makanan rendah serat, seperti daging merah, makanan bertepung putih, hingga produk susu.

Kebiasaan tersebut dapat meningkatkan risiko sembelit. Lebih parahnya, gangguan ini bisa menjalar ke masalah lain, termasuk menyebabkan wasir.

3. Gorengan

Berikutnya ada gorengan. Jenis makanan ini menjadi salah satu favorit masyarakat Indonesia karena rasa yang enak dan harganya murah.

Namun, makanan yang digoreng atau berminyak biasanya rendah serat. Akibatnya, makanan tersebut bisa membuat tinja menjadi lebih keras dan sulit dikeluarkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2255 seconds (0.1#10.140)