Manfaat Senam Kegel, Baik untuk Ibu Hamil

Minggu, 04 Februari 2024 - 12:05 WIB
loading...
Manfaat Senam Kegel, Baik untuk Ibu Hamil
Senam dasar panggul atau kegel baik untuk ibu hamil karena memperkuat otot dasar panggul. Foto/ adobe stock
A A A
JAKARTA – Banyak ibu hamil melakukan senam, termasuk senam panggul atau kegel untuk pemperlancar proses kehamilan dan melahirkan.

Melakukan senam dasar panggul baik untuk ibu hamil karena membantu memperkuat otot dasar panggul dan menawarkan beberapa manfaat lain.



Dilansir healthshots, otot dasar panggul adalah sekelompok otot yang menopang kandung kemih, rahim, dan usus. Otot-otot ini membentuk tempat tidur gantung yang menempel pada tulang kemaluan di depan dan tulang ekor di belakang.

Jadi, uretra, anus, dan vagina melewati dasar panggul. Dasar panggul yang kuat membantu menjaga kesehatan kandung kemih dan mengontrol pergerakan usus dan juga penting untuk kesehatan seksual Anda.

Otot-otot ini juga penting bagi ibu hamil karena berdampak pada pertumbuhan bayi. Saat melahirkan, otot dasar panggul diharuskan melakukan pekerjaan ekstra dengan melakukan relaksasi atau melakukan peregangan agar bayi dapat dilahirkan.

Pentingkah berolahraga saat hamil?

Saat hamil, banyak terjadi perubahan hormonal yang menyebabkan otot lebih mudah melunak dan meregang. Perubahan ini seiring dengan pertumbuhan berat bayi memberikan tekanan pada dasar panggul yang dapat meningkatkan kemungkinan seseorang menderita masalah kandung kemih atau usus selama kehamilan dan setelah melahirkan.

Sekitar 1 dari 3 wanita mengalami inkontinensia setelah melahirkan. Namun, jika seseorang mengikuti latihan penguatan dasar panggul yang tepat selama dan setelah kehamilan, kecil kemungkinannya untuk kembali normal setelah melahirkan. Wanita harus fokus pada latihan otot panggul tidak hanya selama kehamilan atau setelah melahirkan tetapi sepanjang hidup mereka.

Olahraga ini akan menjadi bagian integral dari kehamilan, persalinan, dan pasca melahirkan. Salah satu latihan terbaik yang membantu memperkuat otot dasar panggul adalah senam Kegel.

Bagaimana cara melakukan senam kegel untuk memperkuat otot dasar panggul?

Untuk mengetahui cara melakukan senam dasar panggul dengan benar, Anda harus mengetahui di mana lokasinya. Anda dapat mengidentifikasi otot dasar panggul dengan mencoba menghentikan aliran urin saat mengosongkan kandung kemih. Jika Anda bisa melakukannya selama satu atau dua detik, Anda menggunakan otot yang tepat.

Seperti yang telah disebutkan, senam kegel adalah salah satu latihan terbaik untuk memperkuat otot dasar panggul.

Caranya, berbaring telentang dengan otot paha, bokong, dan perut rileks.
Sekarang remas otot-otot anus dan punggung seolah-olah sedang berusaha menghentikan buang angin.
Remas dan tahan otot-otot tersebut lalu rileks.
Pastikan bokong dalam keadaan rileks saat Anda bernapas normal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1371 seconds (0.1#10.140)