6 Manfaat Jus Seledri untuk Kesehatan, Begini Cara Membuatnya

Minggu, 04 Februari 2024 - 12:32 WIB
loading...
6 Manfaat Jus Seledri untuk Kesehatan, Begini Cara Membuatnya
Seledri memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Anda pun bisa membuatnya menjadi jus. Foto/ adobe stock
A A A
JAKARTA - Seledri adalah salah satu sayuran yang memberikan lebih banyak nutrisi daripada sayuran lain. Ada banyak manfaat seledri bagi kesehatan dan Anda bisa membuatnya menjadi jus seledri!

Seledri terkenal karena rasanya yang khas dan kandungan airnya yang tinggi. Sayuran ini banyak digunakan dalam salad, sup dan makanan ringan.



Menariknya, seledri rupakan makanan rendah kalori yang memberikan nutrisi penting, termasuk vitamin K dan C. Dengan rasanya yang renyah dan renyah, seledri dikenal rendah kalori dan memiliki kandungan air yang tinggi. Bentuknya batang panjang, hijau pucat, kokoh, berserat dengan daun di atasnya.

Cara terbaik untuk menjadikan seledri sebagai bagian dari makanan kita sehari-hari adalah dengan meminum jus seledri di pagi hari.

Manfaat jus seledri

1. Menghidrasi dan nutrisi

“Jus seledri merupakan sumber hidrasi yang baik karena kandungan airnya yang tinggi sehingga membantu mengisi kembali cairan dalam tubuh. Dipenuhi dengan nutrisi penting, termasuk vitamin seperti A, K, dan C, serta berbagai mineral, jus seledri berkontribusi pada asupan nutrisi yang lengkap,” kata Avni Kaul.

2. Sifat antiinflamasi

Seledri mengandung antioksidan dan senyawa anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, sehingga berpotensi bermanfaat bagi individu dengan kondisi peradangan.

3. Kesehatan jantung

Senyawa seperti phthalides yang ditemukan dalam seledri dapat berkontribusi menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Kandungan serat dalam seledri juga dapat membantu menjaga kadar kolesterol yang sehat.

4. Atasi masalah pencernaan

Jus seledri dapat membantu meningkatkan sistem pencernaan yang sehat dengan bertindak sebagai diuretik alami, membantu mengeluarkan racun. Ketersediaan serat mendukung pergerakan usus yang teratur dan mengurangi risiko sembelit.

5. Mengatur berat badan

Dengan kandungan kalori yang rendah dan kandungan air yang tinggi, jus seledri dapat menjadi tambahan yang bermanfaat untuk rencana pengelolaan berat badan, memberikan nutrisi tanpa kalori berlebih.

6. Meningkatkan kesehatan kulit

Antioksidan yang terkandung dalam jus seledri berkontribusi terhadap kesehatan kulit dengan melawan stres oksidatif dan membuat kulit bercahaya. Hidrasi dari jus seledri juga membantu hidrasi kulit secara keseluruhan,” ujar Avni Kaul.

Jus seledri

Untuk membuat jus seledri, Anda membutuhkan yang berikut ini:

Bahan-bahan:
• Batang seledri segar (organik jika memungkinkan)
• Air (opsional untuk pengenceran)

Persiapan:
• Cuci batang seledri hingga bersih.
• Pangkas bagian pangkal dan pucuk daun, sisakan batangnya.
• Jika Anda mempunyai alat pembuat jus, masukkan seledri ke dalam alat pembuat jus.
• Jika menggunakan blender, potong seledri menjadi kecil-kecil, tambahkan air, haluskan, dan saring sarinya.



Berapa banyak jus seledri yang diminum dalam sehari?
Meskipun jus seledri memberikan potensi manfaat kesehatan ini, penting untuk menjaga pola makan dan gaya hidup seimbang. Anda juga sebaiknya tidak mengonsumsi jus seledri secara berlebihan. Respons individu terhadap jus seledri mungkin berbeda-beda, dan disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli gizi profesional, terutama bagi mereka yang memiliki kondisi kesehatan yang sudah ada sebelumnya.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1884 seconds (0.1#10.140)