Serunya Liburan ke Morotai, Bisa Melihat Burung Langka dari Dekat

Senin, 05 Februari 2024 - 02:00 WIB
loading...
Serunya Liburan ke Morotai, Bisa Melihat Burung Langka dari Dekat
Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Jababeka Morotai yang memiliki luas 1.100 hektare di Pulau Morotai memiliki daya tarik wisata alam, bahari, budaya dan sejarah. Foto/istimewa
A A A
MOROTAI - Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Jababeka Morotai yang memiliki luas 1.100 hektare di Pulau Morotai memiliki daya tarik wisata alam, bahari, budaya dan sejarah. Di mana menawarkan panorama bawah laut, snorkeling maupun diving dengan 28 spot diving yang unik.

Meski begitu, sebenarnya masih ada lagi wisata menarik yang bisa dieksplor di KEK Morotai bagi wisatawan, yaitu bird watching. Apa itu bird watching?

Ini adalah kegiatan mengamati dan mendokumentasikan burung langka atau endemik burung tertentu di Indonesia timur, khususnya Pulau Morotai, yang tak bisa ditemui di tempat lain.

Burung Pitta Paok Morotai

Lantas, apa spesialnya melakukan birdwatching di daerah Maluku Utara? Sebab Maluku Utara memiliki kekayaan keanekaragaman hayati yang besar dan sudah masuk dalam Endemic Bird



Area, yaitu wilayah yang diidentifikasi oleh Bird Life International sebagai daerah penting untuk konservasi burung berbasis habitat.

Kawasan area burung endemik di Pulau Morotai banyak yang bisa dijadikan tempat pemotretan sekaligus melihat burung. Hutan Desa Wewemo, di Kecamatan Morotai Timur – Pulau Morotai adalah salah satu spot bagi wisatawan yang ingin melihat burung endemik Morotai. Di sana terdapat jenis burung langka sekaligus indah yang hanya ada di Pulau Morotai, yaitu burung Pitta Paok Morotai (Pitta Morotaiensis).

"Salah satu yang banyak orang mau lihat ialah burung Pitta Paok Morotai,” kata General Manager Jababeka Morotai Susan Wijaya, selaku pengembang Kawasan Ekonomi Khusus Morotai, baru-baru ini.

Ciri khas dari burung Pitta Paok Morotai adalah memiliki penutup sayap biru yang lebih gelap (biru ultramarine). Bagian pinggang berwarna putih dan tepi bulu bagian dalam berwarna biru hijau. Dan memiliki tubuh yang lebih besar dibanding burung Pitta lain di Pulau Maluku (sekitar 25 – 28 cm).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1454 seconds (0.1#10.140)