Kayu Manis Bisa Mengatasi Infeksi Saluran Kemih, Mitos atau Fakta?

Senin, 05 Februari 2024 - 22:10 WIB
loading...
Kayu Manis Bisa Mengatasi Infeksi Saluran Kemih, Mitos atau Fakta?
Kayu manis disebut sebagai obat untuk menghilangkan infeksi saluran kemih, mitos atau fakta? Foto/ getty
A A A
JAKARTA - Kayu manis disebut-sebut sebagai obat yang baik untuk menghilangkan infeksi saluran kemih, namun para ahli menyarankan sebaliknya. Jadi, mitos atau fakta?

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah masalah umum pada wanita dan bisa sangat tidak nyaman. Meski ada pengobatan yang tersedia untuk mengatasi kondisi ini, banyak orang masih menggunakan pengobatan alami untuk mengatasi ISK.



Salah satu pengobatan rumahan untuk menghilangkan ISK adalah kayu manis . Dikutip Health Shots, apakah kayu manis bisa mengatasi ISK?

ISK atau infeksi saluran kemih adalah infeksi yang dapat terjadi di bagian mana saja pada sistem saluran kemih, termasuk kandung kemih, uretra, ureter dan ginjal.

ISK paling banyak ditemukan di kandung kemih dan uretra dan dapat disebabkan oleh bakteri, biasanya Escherichia coli (E. coli). Namun, ada bakteri lain yang juga dapat menyebabkan ISK.

Anatomi struktural dasar panggul wanita dan kedekatannya dengan miss V membuat mereka rentan terhadap infeksi saluran kemih. Ini adalah salah satu keluhan paling umum yang muncul di OPD ginekologi. Masalah ISK berulang sering terjadi pada bayi, pasangan baru aktif secara seksual, ibu hamil, dan pada wanita lanjut usia.

Kayu Manis untuk ISK

Kayu manis adalah rempah populer yang memiliki potensi manfaat kesehatan, tidak ada bukti ilmiah substansial yang mendukung penggunaannya sebagai pengobatan utama ISK atau sebagai sarana untuk melacaknya.

Kayu manis kaya akan oksalat dan pasien dengan batu ginjal yang sudah ada sebelumnya dapat berdampak buruk. Jika Anda menduga Anda menderita ISK atau mengalami gejala, penting untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Jika Anda menduga Anda menderita ISK, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat. Mengabaikan atau mencoba mengobati sendiri ISK dengan pengobatan yang belum terbukti dapat menyebabkan komplikasi atau infeksi menyebar ke ginjal. Perawatan ISK biasanya melibatkan pemberian antibiotik yang diresepkan oleh dokter kandungan.

Minum banyak air dan menjaga kebersihan juga dapat membantu pencegahan dan penanganan ISK. Mohon jangan mengandalkan kayu manis atau pengobatan rumahan lainnya sebagai satu-satunya pengobatan untuk ISK.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1268 seconds (0.1#10.140)