5 Penyebab Gatal pada Penderita Diabetes dan Cara Mengatasinya

Rabu, 07 Februari 2024 - 17:45 WIB
loading...
5 Penyebab Gatal pada Penderita Diabetes dan Cara Mengatasinya
Masalah lain yang sering dikeluhkan penderita diabetes adalah rasa gatal. Meski terlihat sepele, namun rasa gatal bisa membuat seseorang merasa tidak nyaman. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Masalah lain yang sering dikeluhkan penderita diabetes adalah rasa gatal . Meski terlihat sepele, namun rasa gatal bisa membuat seseorang merasa tidak nyaman. Hal ini menjadi penyebab mereka kurang tidur karena terbangun di tengah malam dan menggaruk bagian tubuh yang gatal.

Meskipun penderita diabetes bisa merasakan gatal di mana saja, namun umumnya terjadi di ekstremitas. Ini terutama terjadi di tungkai bawah dan kaki. Di kaki bagian bawah, kerusakan saraf dan sirkulasi yang buruk sering terjadi dan itulah alasan mengapa rasa gatal umumnya terjadi di area ini.

Sebuah studi 2021 terhadap 109 orang dewasa penderita diabetes tipe 2 menemukan bahwa 36 persen mengalami gatal-gatal, yang berdampak negatif pada kualitas hidup mereka. Dalam penelitian yang dipublikasikan di jurnal Biology, rasa gatal seringkali terjadi akibat penanganan diabetes yang tidak efektif.

Penyebab Gatal pada Penderita Diabetes



Berikut penyebab gatal pada penderita diabetes dilansir dari Health Shots, Rabu (7/2/2024).



1. Kulit Kering


Diabetes dapat menyebabkan dehidrasi. Pada diabetes, ginjal bekerja ekstra untuk menyaring dan menyerap kelebihan gula. Ketika mereka tidak dapat mengimbanginya, gula tambahan akan masuk ke dalam urine dan membawa serta cairan dari jaringan tubuh. Hal ini menyebabkan dehidrasi hingga menyebabkan kulit kering sehingga rentan gatal.

2. Neuropati


Neuropati diabetik atau kerusakan saraf sering terjadi pada diabetes, dan dapat menyebabkan sensasi gatal. Sensasi ini disebabkan oleh gangguan saraf, kata sang ahli.

3. Infeksi Jamur


Peningkatan kadar gula darah menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan jamur. Hal ini menimbulkan rasa gatal, terutama pada area tubuh yang hangat dan lembab.

4. Sirkulasi Darah Buruk


Diabetes menyebabkan berkurangnya aliran darah. Berkurangnya aliran darah ini dapat menyebabkan suplai oksigen dan nutrisi ke kulit tidak mencukupi, yang pada akhirnya menyebabkan rasa gatal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1225 seconds (0.1#10.140)