F1 Powerboat 2024 Digelar 2-3 Maret, Kemenparekraf Targetkan Kunjungan Wisatawan 25%

Rabu, 07 Februari 2024 - 21:55 WIB
loading...
F1 Powerboat 2024 Digelar 2-3 Maret, Kemenparekraf Targetkan Kunjungan Wisatawan 25%
F1 Powerboat World Championship akan digelar pada 2-3 Maret 2024 di Danau Toba. Kemenparekraf pun menargetkan kunjungan wisatawan sebesar 20-25 persen. Foto/Devi Patricia
A A A
JAKARTA - F1 Powerboat World Championship akan digelar pada 2-3 Maret 2024 di Danau Toba, Sumatera Utara. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) pun menargetkan kunjungan wisatawan sebesar 20-25 persen.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan bahwa target kunjungan wisatawan sebesar 20-25 persen mengingat kesuksesan F1 Powerboat sebelumnya yang berhasil memberikan dampak positif pada sektor pariwisata Indonesia.

“Kami berharap tahun ini ada peningkatan 20-25 persen dan dari dampak ekonominya lebih besar karena nantinya kami akan lebih menonjolkan pada produk-produk ekonomi kreatif dan budaya,” kata Sandiaga dalam Konferensi Pers F1 Powerboat di Gedung Kemenko Marves, Jakarta Pusat, Rabu (7/2/2024).



Pada tahun lalu, diperkirakan ada sebanyak 100 ribu wisatawan yang menonton langsung perhelatan F1 Powerboat di Danau Toba. Dengan begitu, harapannya tahun ini angka tersebut mengalami kenaikan setidaknya menjadi 125 ribuan penonton.

Dalam upaya untuk memenuhi target tersebut, Sandiaga menjelaskan bahwa Kemenparekraf terus mendorong produk-produk ekonomi kreatif warga serta memberikan pelatihan khusus bagi para pelaku usaha ekonomi kreatif di sekitar kawasan Danau Toba.

“Kami akan mendorong produk kuliner, produk kriya, dan produk fashion dari Danau Toba. Ini sudah kami lakukan pelatihan di berbagai sentra ekonomi kreatif di sekitar Danau Toba,” jelasnya.



Sebagai informasi, F1 Powerboat 2024 ini akan diikuti oleh sembilan negara dengan 18 perwakilan pembalap. Oleh karenanya ini menjadi sebuah peluang bagi Indonesia untuk memperkenalkan sektor pariwisata melalui keindahan alam Danau Toba.

Bahkan pada tahun sebelumnya, dengan adanya siaran F1 Powerboat 2024 melalui media digital pun sudah dapat mendorong kunjungan wisatawan mancanegara untuk melihat langsung keindahan Danau Toba.

“Impresi dari tampilan Danau Toba dari media digitalnya ini ternyata mendorong peningkatan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara di Indonesia,” pungkasnya.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2359 seconds (0.1#10.140)