6 Cara Menghilangkan Jerawat, Nomor 3 Paling Mudah

Jum'at, 09 Februari 2024 - 11:05 WIB
loading...
6 Cara Menghilangkan Jerawat, Nomor 3 Paling Mudah
Jerawat menjadi tamu tak diundang yang membuat banyak orang kesal.bagaimana menghilangkannya? Foto/ adobe stock
A A A
JAKARTA - Pernahkah Anda memperhatikan benjolan yang mengganggu wajah atau di dahi? Itu jerawat menjadi tamu tak diundang yang membuat banyak orang kesal.

Jadi, bagaimana cara menghilangkannya? Jerawat lebih sering terjadi pada orang dengan kulit berminyak, itu bukan satu-satunya alasan mengapa hal itu dapat menyerang Anda. Faktor-faktor, seperti stres, produksi minyak berlebih, lemak pada wajah dan penggunaan produk perawatan kulit yang salah juga dapat menyebabkan masalah ini.



Bagian terburuknya, jerawat membandel dan menimbulkan benjolan merah dan nyeri yang sulit dihilangkan. Namun, jangan panik, Anda bisa mengetahui cara menghilangkan jerawat.

Dikutip healthshots, dokter kulit, Dr Aanchal Panth membagikan cara terbaik membantu melawan jerawat akun Instagram miliknya.

Cara menghilangkan jerawat

1. Hindari minyak rambut
Minyak rambut, terutama yang mengandung bahan berat atau komedogenik, dapat memperparah jerawat karena menyumbat pori-pori dan meningkatkan sifat manis mulut. Pilihlah produk rambut yang ringan dan non-komedogenik dan hindari mengaplikasikannya di sekitar dahi.

2. Mengobati ketombe
Ketombe dapat menyebabkan jerawat di dahi karena menyebabkan produksi minyak kulit kepala berlebih dan peradangan. Dr Panth menyarankan penggunaan sampo anti ketombe yang mengandung bahan aktif seperti ketoconazole, zinc pyrithione atau coal tar untuk mengontrol ketombe secara efektif dan mencegah terulangnya kembali. Penggunaan sampo ini secara teratur dapat mengurangi kemungkinan timbulnya jerawat di dahi.

3. Jauhkan rambut dari dahi
Rambut panjang atau poni yang terus-menerus menempel di dahi dapat memerangkap keringat, minyak dan bakteri sehingga menyebabkan munculnya jerawat. Untuk meminimalkan risiko ini, tata rambut Anda sedemikian rupa sehingga menjauhkannya dari dahi, seperti mengikatnya ke belakang atau menjepitnya menjauhi wajah Anda. Perubahan sederhana pada gaya rambut biasa Anda ini dapat secara signifikan mengurangi penyebaran minyak dan bakteri ke kulit, sehingga meningkatkan kesehatan kulit.

4. Gunakan asam salisilat
Asam salisilat adalah asam beta-hidroksi (BHA) yang dikenal karena sifat pengelupasan kulitnya dan kemampuannya menembus jauh ke dalam pori-pori, menjadikannya pengobatan yang efektif untuk kulit yang rentan berjerawat.

“Gabungkan serum berbasis asam salisilat ke dalam rutinitas perawatan kulit harian Anda dan gunakan dua kali sehari untuk mengurangi peradangan dan mencegah jerawat baru,” saran Dr Panth.

5. Krim benzoil peroksida
Benzoil peroksida adalah bahan pelawan jerawat ampuh yang bekerja dengan membunuh bakteri penyebab jerawat, mengurangi peradangan, dan menghilangkan minyak berlebih dari permukaan kulit. Oleskan selapis tipis krim benzoil peroksida khusus ke area dahi yang terkena, biarkan selama kurang lebih 30 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Hal ini dapat meminimalkan potensi iritasi dan memerangi bakteri jerawat.



6. Pelembab gel
Menjaga hidrasi kulit yang cukup sangat penting untuk kesehatan kulit secara keseluruhan, termasuk dalam mengobati jerawat. Pilih pelembap gel yang ringan dan nonkomedogenik yang tidak akan menyumbat pori-pori atau memperparah timbulnya jerawat. Oleskan pelembab ke dahi dan seluruh wajah Anda dua kali sehari, sebaiknya setelah membersihkan dan mengoleskan produk perawatan jerawat.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1982 seconds (0.1#10.140)