Apa dan Siapa Sih Content Creator?

Sabtu, 07 Juli 2018 - 13:05 WIB
Apa dan Siapa Sih Content Creator?
Apa dan Siapa Sih Content Creator?
A A A
PESATNYA perkembangan pada era teknologi zaman now membuat kita harus mengikuti arus. Munculnya para content creator membuat persaingan industri kreatif di Indonesia makin ketat.

Mereka berlombalomba menciptakan karya yang bisa dinikmati seluruh masyarakat dan bermanfaat atau memiliki nilai. Seperti Alya Dimitri. Ayla, sapaan akrabnya, sudah terjun di dunia kreatif menjadi content creator sejak 2015. Cewek kelahiran 2 September 1986 tersebut mengawali hobinya dari pengalaman kerja di berbagai media cetak dan website.

Baginya, content creator adalah orang yang mampu mengutilisasi platform media dengan konten yang bisa di-share untuk khalayak banyak. Tak hanya itu, konten yang dibuat bisa berupa video, blog, atau posting-an yang bersifat berbagi berita atau cerita yang ingin disampaikan kepada pembaca.

Sejak berprofesi sebagai content creator, Ayla merasa bahwa apa yang ia kerjakan merupakan sebuah hobi dan ia juga memiliki ruang untuk mengeksplorasi berbagai hal. "Ketika hobi menjadi kerjaan, aku merasa ngerjainnya lebih pakai hati," tuturnya. Fashion, beauty, travel, dan lifestyle merupakan konten yang sering ia buat.

Sulitnya membuat ide di salah satu platform membuat ia sering sekali memberikan waktu sendiri untuk mencari ide dan memperkaya diri berbagai pengetahuan. Baginya, menjadi content creator merupakan hal yang paling menyenangkan dan banyak tantangan.

Beda dengan Ayla, Gustaf Sailendra yang sudah lebih dulu terjun di dunia content creator sejak 2009 sangat senang membuat konten-konten yang menghibur. "Awalnya aku bikin konten cuma buat luculucuan sama teman-teman, kayak nulis di blog ataupun catatan di Facebook.

Semakin lama banyak yang senang sama tulisanku. Terus aku lari ke video dan buat channel Youtube. Alhamduli l lah sampai sekarang yang sudah subscribe channel aku ada 492.562. Karena support dari mereka membuat aku selalu memberikan karya yang menghibur tapi juga mendidik," ulasnya.

Pemilik akun Instagram @gustafode mem punyai pandangan yang tak berbeda tentang content creator. "Seorang content creator adalah orang yang membuat sebuah karya, baik itu video, foto, tulisan dengan tujuan memberikan informasi. Bisa sesuatu yang menghibur atau yang menambah wawasan," sebutnya.

Memiliki hobi menghibur orang yang menjadikan konten yang ia hasilkan selalu komedi. Tak jarang ia juga memberikan informasi yang bermanfaat bagi para penikmat karyanya. Memiliki hobi memfoto sebuah objek telah mengantarkan Paw menjadi seorang content creator.

Prasetyo Andi Wicaksono ialah nama lengkapnya. Karena kegemarannya memfoto sejak duduk di bangku perkuliahan sampai saat ini sudah banyak menghasilkan sebuah pemandangan ataupun objek yang sangat indah untuk dinikmati. Dalam berburu foto, hal yang paling terpenting baginya ialah sebuah proses pengambilan dan pembuatan objek tersebut.

Pendiri @codeforindonesiaini mulai serius dengan dunia content creator sejak 2015-an. Walaupun sejak duduk di bangku kuliah dia sudah hobi memfoto menggunakan kamera ponsel, kamera digital sampai dengan drone. Baginya menjadi content creator tidak hanya membuat konten agar menarik dan bermanfaat.

"Kita harus bisa mengajak penikmat konten kita itu masuk ke dalam proses pembuatannya. Agar mereka lebih memaknai bahkan mengambil segi positif yang bisa dipakai dalam kehidupan sehari-hari," tuturnya.

ANA TRIA PURNAMA
(GEN SINDO-Universitas Negeri Jakarta)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5426 seconds (0.1#10.140)