Demi Film Pemandi Jenazah, Aghniny Haque Belajar Memandikan Mayat

Selasa, 13 Februari 2024 - 19:27 WIB
loading...
Demi Film Pemandi Jenazah, Aghniny Haque Belajar Memandikan Mayat
Aghniny Haque belajar cara memandikan jenazah demi perannya dalam film horor Pemandi Jenazah. Foto/Arif Julianto, MPI
A A A
JAKARTA - Aghniny Haque berbagi cerita mengenai pengalaman yang mengesankan selama penggarapan film terbarunya berjudul Pemandi Jenazah.

Dalam film horor tersebut, Aghniny berperan sebagai Lela, anak dari Siti (diperankan Djenar Maesa Ayu) yang bekerja sebagai pemandi jenazah. Karena suatu kondisi, ia ternyata juga harus melakukan proses pemandian jenazah.

Aghniny pun belajar langsung kepada seorang pemandi jenazah yang telah bekerja selama 40 tahun lamanya sejak masih usia belia. Dia adalah Ibu Hikmah, pemandi jenazah di dinas sosial. Meski telah menginjak usia 60 tahun, Aghniny merasa salut dengan kecekatan ibu Hikmah saat memperaktikkan cara memandikan jenazah di hadapannya.



Perempuan berusia 26 tahun itu juga merasa salut dengan sosok ibu Hikmah yang setia dengan pekerjaannya selama puluhan tahun. Terlebih di dinas sosial, ibu Hikmah harus memandikan jenazah dengan berbagai kondisi dan tanpa didampingi pihak keluarganya.

"Ibu Hikmah ini yang memandikan jenazah dengan kondisi dari husnul khotimah sampai aneh-aneh," ujar aktris yang disapa Aghni ini kepada MNC Portal di Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (12/2/2024).

Ibu Hikmah dengan telaten mengajarkan Aghni tata cara pemandian jenazah sebelum akhirnya dikuburkan. "Semuanya diajarin dari doa-doanya, mengukur kain kafannya pake tangan, bukan pakai meteran. Memandikan, mensucikan sampai mengkafani," katanya.

Bintang film KKN di Desa Penari itu mengungkap bahwa dirinya memiliki keinginan untuk melihat langsung proses pemandian jenazah yang biasa dilakukan oleh ibu Hikmah. Sayangnya, ibunda Aghni melarangnya.



"Sebenarnya pengin banget ngelihat seorang pemandi jenazah kerjanya seperti apa. Bukan untuk jadi asisten, ya. Tapi jadwalnya belum nemu dan memang gak dibolehin juga sama ibu. Padahal ibu Hikmahnya ngajak, 'lihat aja'," katanya menjelaskan.

Film Pemandi Jenazah akan tayang mulai 22 Februari 2024 di jaringan bioskop di Indonesia. Selain Aghniny Haque, pemain lainnya antara lain ada Amara Sophie, Ibrahim Risyad, Riafinola, Ruth Marini, Nelly Sukma, hingga Nola B3.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1402 seconds (0.1#10.140)