Kemenkes Ingatkan Petugas KPPS untuk Jaga Kesehatan Mental saat Bertugas

Rabu, 14 Februari 2024 - 08:15 WIB
loading...
Kemenkes Ingatkan Petugas KPPS untuk Jaga Kesehatan Mental saat Bertugas
Kemenkes mengingatkan para petugas KPPS menjaga kesehatan mental saat bertugas. Ini karena kesehatan mental selama pemilu sangat penting untuk diperhatikan. Foto/Antara
A A A
JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengingatkan para petugas KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) menjaga kesehatan mental saat bertugas. Ini karena kesehatan mental selama pemilu sangat penting untuk diperhatikan.

Sebab, petugas KPPS seringkali menghadapi tekanan dan stres yang tinggi selama pemilu. Ini karena tanggung jawab mereka dalam memastikan proses pemungutan suara berjalan lancar dan adil.

Kepala Seksi Pelayanan Medik dan Keperawatan RSUD Tamansari Jakarta sekaligus Staf Teknis Komunikasi Transformasi Kemenkes Ngabila mengatakan petugas KPPS harus menyiapkan kesehatan fisik dan mental.

Mengingat memasuki musim pancaroba, Ngabila pun menyarankan petugas KPPS untuk tetap waspada dengan kekebalan tubuh. Agar imunitas terjaga dan tidak menurun, pastikan konsumsi vitamin seperti vitamin C dan D3.





"Waspada kondisi pancaroba imunitas turun, jangan hujan-hujanan, bisa booster sementara dengan vitamin seperti vitamin C dan vitamin D3. Baik secara oral (diminum) atau injeksi," kata Ngabila dalam keterangan tertulisnya, Rabu (14/2/2024).

"Akan tetapi, tetap yang utama vitamin berasal dari sumber makanan alami itu sendiri. Termasuk sayur dan buah yang kaya vitamin, mineral, antioksidan, dan lain-lain,” sambungnya.

Selain memperhatikan asupanan makanan, petugas KPPS diimbau untuk selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Salah satunya dengan selalu memakai masker, dan mencuci tangan setelah menyentuh benda yang mungkin terkontaminasi bakteri atau virus.

"Pola hidup bersih dan sehat seperti pakai masker, cuci tangan, dan cerdik," jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1549 seconds (0.1#10.140)