Harga Makin Tinggi, 5 Rempah Ini Bisa Menjaga Beras Tidak Mudah Kutuan

Minggu, 18 Februari 2024 - 00:43 WIB
loading...
Harga Makin Tinggi, 5 Rempah Ini Bisa Menjaga Beras Tidak Mudah Kutuan
Ada cara merawat beras agar tidak mudah kutuan. Salah satunya menggunakan rempah alami. Foto/ freepik
A A A
JAKARTA - Di tengah melambungnya harga beras, ada beberapa cara yang perlu dilakukan untuk merawat beras agar tidak mudah kutuan. Salah satunya menggunakan rempah alami.

Rempah-rempah ini digunakan agar beras lebih awet dan tahan lama sehingga mengurangi pemborosan.



Penasaran, bagaimana cara merawat beras dengan rempah agar tetap awet dan tidak berkutu? Yuk simak infonya dilansir Slurrp, Sabtu (17/2/2024).

1. Daun Salam

Cara pertama ialah menggunakan daun salam. Ini adalah salah satu cara termudah untuk menjaga agar beras tetap bebas kutu.

Tambahkan 2–3 lembar daun salam ke dalam wadah beras dan taruh di antaranya. Serangga ini tidak dapat mentolerir bau daun tanaman yang pahit dan daun salam lebih seperti repelan yang mempengaruhi reproduksi serangga.

2. Daun Mimba

Sama seperti daun salam, daun mimba memiliki aroma yang kuat dan menyerang serangga sehingga tidak disukai serangga. Ini adalah salah satu cara sederhana untuk mengusir serangga dari beras. Tambahkan beberapa daun nimba di sela-sela beras dan sehingga serangga tak menghinggapi beras Anda.

3. Cengkih

Aroma cengkih yang kuat menjauhkan serangga dari beras. Tambahkan segenggam cengkih ke dalam wadah bersama beras.

Aroma cengkih yang kuat akan melawan serangga dan menghindari infestasi. Anda juga bisa menaburkan sedikit cengkih di sekitar rak lemari tempat menyimpan beras.

4. Bawang putih

Ini adalah salah satu cara yang lebih praktis, karena bawang putih mudah didapat di dapur. Tambahkan buah bawang putih yang sudah dikupas ke dalam wadah beras Anda untuk mengusir serangga.

Kandungan belerang dalam bawang putih berfungsi sebagai pengusir serangga yang menjauhkan serangga dari beras. Anda harus sering memeriksanya dan menggantinya dengan buah segar setelah buah sebelumnya mengering. Selain itu, simpanlah beras dalam wadah kedap udara.


5. Daun Mint

Satu lagi ialah menggunakan daun mint. Aroma daun mint yang disebut juga pudina akan mengusir serangga.

Saat menambahkan daun mint ke dalam nasi, penting untuk tidak membasahi daunnya. Daun basah menambah kelembapan dan kelembapan pada beras, yang dapat menjadi tempat berkembang biaknya serangga. Hal ini dapat merusak beras dan menyebabkan masalah kesehatan.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1172 seconds (0.1#10.140)