Tak Hanya Kesehatan, Ini 4 Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Bersihkan Kotoran

Senin, 19 Februari 2024 - 17:41 WIB
loading...
Tak Hanya Kesehatan, Ini 4 Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Bersihkan Kotoran
Terdapat sejumlah manfaat minyak kayu putih untuk membersihkan kotoran yang jarang diketahui. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah manfaat minyak kayu putih untuk membersihkan kotoran yang jarang diketahui. Salah satunya dapat digunakan untuk menghilangkan noda pada kompor.

Umumnya, masyarakat awam mengenal khasiat minyak kayu putih dalam aspek kesehatan. Misalnya untuk menghangatkan badan, mengatasi hidung tersumbat, dan lain-lain.

Selain manfaatnya di seputar kesehatan, minyak kayu putih ternyata juga menyimpan sederet kegunaan lain. Contohnya membersihkan berbagai macam kotoran yang hinggap di rumah.



Lantas, apa saja manfaat minyak kayu putih untuk bersihkan kotoran? Dihimpun dari berbagai sumber, Senin (19/2/2023), berikut ini beberapa di antaranya.

Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Bersihkan Kotoran

1. Peralatan Dapur

Peralatan dapur seperti kompor tentu cukup riskan terkena kotoran atau noda setelah digunakan. Misalnya, terkena percikan minyak hingga tumpahan makanan.

Tak selalu membersihkannya dengan cairan pembersih biasa, ternyata ada sebagian orang yang menggunakan minyak kayu putih dalam menghilangkan noda seperti di atas. Mengutip laman Manhattan Maids, minyak kayu memang dipercaya baik untuk membersihkan area berminyak dan lengket.

Maka itu, statusnya dirasa cukup ideal sebagai pembersih alat-alat dapur seperti kompor. Caranya pun mudah, cukup teteskan minyak kayu putih pada lap basah, lalu gosok di area yang bernoda.

Setelah itu, keringkan dengan kain microfiber yang bersih. Hal ini dilakukan guna menghindari adanya goresan pada benda yang dibersihkan.

2. Pembersih Jamur

Sebagian orang juga percaya bahwa minyak kayu putih dapat dimanfaatkan sebagai pembersih jamur. Mengutip Veda Oils, minyak kayu putih punya sifat antimikroba yang dianggap mampu menghilangkan jamur atau lumut.

Ketika menjadikannya sebagai pembersih jamur, mereka biasa memanfaatkan minyak kayu putih dengan mencampurnya dengan sedikit air. Lalu, gosok pada area yang dihinggapi jamur atau lumut.


3. Pembersih Lantai

Berikutnya adalah membersihkan lantai. Meski terdengar aneh, ada sebagian orang yang percaya minyak kayu putih dapat digunakan sebagai pembersih lantai.

Caranya pun sangat mudah. Anda hanya perlu menambahkan tetesan minyak kayu putih di dalam ember berisi air, lalu gunakan untuk mengepel.

Tak hanya membersihkan lantai dari kotoran, aroma khas minyak kayu putih juga membuat ruangan sekitar berbau segar. Namun, langkah ini tidak disarankan apabila Anda tidak suka bau minyak putih.

4. Membersihkan Kotoran di Kaca

Campuran minyak kayu putih dengan air banyak dikatakan bisa menghasilkan pembersih kaca yang efektif. Larutan tersebut dapat digunakan untuk menghilangkan noda, sidik jari, atau kotoran pada jendela dan cermin.

Itulah beberapa manfaat minyak kayu putih untuk membersihkan kotoran yang jarang diketahui. Semoga bermanfaat.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1530 seconds (0.1#10.140)