5 Manfaat Kesehatan dari Minyak Kayu Putih, Nomor 4 Jarang Diketahui

Jum'at, 24 Desember 2021 - 21:55 WIB
loading...
5 Manfaat Kesehatan dari Minyak Kayu Putih, Nomor 4 Jarang Diketahui
Minyak kayu putih merupakan minyak yang diekstraksi dari tumbuhan Eucalyptus globulus dan sub-spesies terkait. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Minyak kayu putih merupakan minyak yang diekstraksi dari tumbuhan eucalyptus globulus dan sub-spesies terkait. Minyak ini telah dipelajari secara ekstensif dalam hal kegunaan dan manfaatnya.

Studi menunjukan bahwa minyak kayu putih dapat memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Menghirup uap minyak kayu putih juga dapat membantu mengobati asma.

Tidak hanya itu, ada manfaat lainnya yang didapatkan dari minyak kayu putih. Penasaran dengan manfaat kesehatan dari minyak kayu putih? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini:

1. Menyembuhkan Sinus, Pilek, dan Flu

Minyak kayu putih bermanfaat untuk membantu meringankan gejala pilek dan flu. Eucalyptus memiliki sifat anti-inflamasi dan dekongestan. Secara tradisional, minyaknya digunakan untuk mengobati hidung tersumbat, asma, pilek, batuk, sinusitis, dan sakit tenggorokan.



Selain itu, kandungan fitokimia yang terkandung dalam minyak kayu putih juga dapat meringankan gejala rhinitis alergi. Minyak kayu putih dapat menjadi aromaterapi yang aman dan efektif bagi penderita gangguan pernafasan.

2. Membantu Pengobatan Paru-paru

Pengobatan tradisional menggunakan minyak kayu putih dapat mengatasi gangguan pernapasan akut dan kronis. Hal itu karena komponen aktif seperti eucalyptol atau 1,8-cineole, menunjukkan sifat anti-inflamasi dan anti-infektif dalam kasus-kasus infeksi paru-paru dan radang paru-paru.

Selain itu, sifat anti-inflamasi dari minyak esensial, seperti kayu putih, dapat membantu orang-orang dengan penyakit paru obstruktif kronik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2261 seconds (0.1#10.140)