5 Cara Orang Tua Menghadapi Anak Trauma usai Dibully, Berkaca Kasus Anak Vincent

Selasa, 20 Februari 2024 - 14:33 WIB
loading...
5 Cara Orang Tua Menghadapi Anak Trauma usai Dibully, Berkaca Kasus Anak Vincent
Para orang tua menjadi khawatir buah hati mereka terkena perundungan di sekolah usai viral kasus bullying. Foto/ navigacloud.
A A A
JAKARTA – Para orang tua menjadi khawatir buah hati mereka terkena perundungan di sekolah usai viral kasus bullying yang diduga melibatkan anak artis dan beberapa orang penting Tanah Air.

Bagi Anda yang memiliki anak sebagai korban perundungan , berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membantu Anak merasa aman kembali dan lekas sembuh dari trauma yang dialami, seperti dilansir dari berbagai sumber, Selasa (20/2/2024).


1. Dengarkan anak secara terbuka dan tenang

Para orangtua sebaiknya menaruh fokus utama pada upaya yang membuat anak merasa didengarkan dan didukung. Pastikan anak menyadari bahwa situasi tersebut tidak bersumber dari kesalahan mereka. Jangan sampai orang tua sibuk menemukan akar penyebab perundungan atau mencoba menyelesaikan masalah, tanpa memberikan perhatian penuh pada anak.

2. Yakinkan anak Anda

Anak yang terkena perundungan akan menjadi tidak percaya diri dan kerap kali merasa takut. Oleh karena itu, orangtua seharusnya meyakinkan kembali anak dan menaruh kepercayaan penuh pada anak. Orang tua juga bisa mengapresiasi anak ketika menceritakan pengalamannya terkait perundungan dan yakinkan bahwa Anda akan melakukan yang terbaik untuk mencari bantuan.

3. Berkomunikasi dengan pihak sekolah

Jika anak Anda mengalami perundungan di sekolah, maka segera laporkan kepada pihak sekolah terkait dengan kejadian tersebut. Sehingga Anda tidak menghadapi kasus perundungan sendirian. Anda bisa tanyakan kepada pihak sekolah terkait dengan kebijakan yang ada mengenai perundungan. Hal ini bertujuan agar pelaku dapat ditindak tegas.

4. Menjadi sistem pendukung

Peran orang tua yang suportif sangat dibutuhkan pada anak yang mengalami perundungan. Pastikan anak merasa aman untuk bercerita banyak hal kepada orangtuanya, sehingga hal ini dapat membantu anak melepas trauma yang dialaminya.


5. Pergi ke psikolog

Jika Anda ingin lebih terpercaya untuk mengobati kondisi mental dan trauma yang dimiliki anak setelah mengalami perundungan, maka Anda bisa bawa anak ke psikolog. Perundungan dapat berdampak parah pada kondisi mental anak, sehingga Anda bisa bantu si kecil melewati traumanya dengan saran terapi dari psikolog.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2329 seconds (0.1#10.140)