Apa Penyebab Keguguran saat Hamil Muda seperti Dialami Nikita Willy?

Selasa, 20 Februari 2024 - 22:22 WIB
loading...
Apa Penyebab Keguguran saat Hamil Muda seperti Dialami Nikita Willy?
Nikita Willy ternyata sempat hamil pada bulan lalu. Namun, dia kehilangan calon bayinya saat kehamilannya memasuki usia 7 minggu. Foto/Instagram Nikita Willy
A A A
JAKARTA - Nikita Willy membagikan kabar kurang menyenangkan. Dia mengalami keguguran kehamilan anak keduanya.

Istri Indra Priawan itu ternyata sempat hamil pada bulan lalu. Namun, dia kehilangan calon bayinya saat kehamilannya memasuki usia 7 minggu.

Berkaca dari apa yang dialami Nikita Willy, penyebab dari terjadinya keguguran itu sendiri karena adanya kelainan kromosom yang membuat janin tidak berkembang secara normal, atau terjadi kehamilan kosong (blighted ovum).



Melansir situs Cleveland Clinic, kebanyakan keguguran (80%) terjadi dalam tiga bulan pertama kehamilan (sampai 13 minggu kehamilan) di mana terjadi pada Nikita Willy yang hamil muda, di usia kandungan 7 minggu.

Lantas, apa penyebab keguguran?

Kelainan kromosom menyebabkan sekitar 50% dari seluruh keguguran pada trimester pertama (sampai 13 minggu) kehamilan. Kromosom adalah struktur kecil di dalam sel tubuh manusia yang membawa gen. Gen menentukan semua atribut fisik seseorang, seperti jenis kelamin, warna rambut dan mata, serta golongan darah.

Selama pembuahan, ketika sel telur dan sperma bergabung, dua set kromosom bersatu. Jika sel telur atau sperma memiliki jumlah kromosom lebih banyak atau lebih sedikit dari biasanya, maka janin akan memiliki jumlah kromosom yang tidak normal.



Saat sel telur yang telah dibuahi tumbuh menjadi janin, sel-selnya membelah dan berkembang biak beberapa kali. Kelainan selama proses ini juga menyebabkan keguguran.

Berikut beberapa faktor yang dapat menyebabkan keguguran.

1. Ketidakseimbangan hormonal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1593 seconds (0.1#10.140)