Cara Mencegah Mastitis Payudara, Penyakit yang Bikin Denise Chariesta Masuk Rumah Sakit

Rabu, 21 Februari 2024 - 23:09 WIB
loading...
Cara Mencegah Mastitis Payudara, Penyakit yang Bikin Denise Chariesta Masuk Rumah Sakit
Denise Chariesta tiba-tiba dilarikan ke rumah sakit karena mengeluhkan mastitis pada payudaranya. Foto/ Instagram
A A A
JAKARTA – Denise Chariesta tiba-tiba dilarikan ke rumah sakit karena mengeluhkan mastitis pada payudaranya.

“Jadi ibu dan ayah sekaligus itu bukan gak bisa sakit.. tapi gak boleh sakit.. udah 2 hari ini sebenarnya meriang tapi ditahan karena takut gak bisa kerja.. tadi pas mau live gak kuat nahan sakit akhirnya ke Rumah Sakit ternyata kata dokter aku kena mastitis dan harus di rawat,” tulis Denise dikutip dari Instagram miliknya, @denisechariesta91, Rabu (21/2/2024).



Mastitis adalah peradangan payudara yang dapat menyebabkan infeksi. Biasanya kondisi ini terjadi pada ibu menyusui dengan gejala seperti payudara merah, bengkak, nyeri, dan gejala seperti flu atau meriang.

Berkaca dari kondisi Denise, bagaimana cara mencegahan mastitis payudara seperti yang dialami Denise Chariesta? Dilansir laman Tallahassee Memorial Healthcare, berikut cara mencegah mastitis:

1. Sering mengosongkan payudara
Menyusui bayi sesering mungkin dapat membantu Anda untuk mengosongkan payudara lebih cepat. Namun, apabila bayi sudah terasa kenyang dan cukup menyusu, Anda bisa melakukan cara alternatif berupa melakukan pumping.

Hal ini bertujuan agar setiap ASI yang diproduksi bisa bekerja secara maksimal. Sebab, dengan ASI yang terus berproduksi tetapi payudara tidak dalam keadaan kosong, maka hal itu akan membuat payudara menjadi bengkak dan terasa nyeri.

Untuk itu, kosongkan payudara setidaknya setiap dua jam sekali atau setiap payudara mulai terasa penuh agar meminimalisir dampak yang ditimbulkan.

2. Perawatan payudara
Melakukan perawatan payudara sangat penting dalam mencegah terkena mastitis. Sebab, dengan payudara tetap bersih dan kering maka selain mencegah mastitis, bayi juga akan merasa lebih nyaman saat menyusui.

Hindari menggunakan bra yang terlalu ketat atau pakaian yang memberikan tekanan berlebih agar payudara tidak terasa sesak atau tidak nyaman ketika di beberapa situasi tertentu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1298 seconds (0.1#10.140)