Apa Benar Bawang Merah Dapat Menurunkan Demam pada Anak?

Sabtu, 24 Februari 2024 - 12:30 WIB
loading...
Apa Benar Bawang Merah Dapat Menurunkan Demam pada Anak?
Banyak orang percaya bahwa bawang merah dapat menurunkan demam pada anak. Bumbu dapur ini digunakan sebagai pengobatan alternatif dengan menempelkannya di dahi. Foto/Istock Photo
A A A
JAKARTA - Banyak orang percaya bahwa bawang merah dapat menurunkan demam pada anak . Bumbu dapur ini pun telah sejak lama digunakan sebagai pengobatan alternatif dengan cara menempelkannya di dahi.

Namun, tidak ada bukti ilmiah yang cukup untuk mendukung klaim bahwa bawang merah secara langsung dapat mengobati demam pada anak .

Bawang merah memang memiliki beberapa sifat antibakteri dan antivirus. Namun tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa konsumsi atau penggunaan bawang merah secara langsung dapat secara signifikan mengurangi demam.

“Mitosnya memang bawang merah itu tidak bisa menurunkan demam secara langsung walaupun emang rasanya tuh hangat," kata Dokter sekaligus Healthy Educator, dr Nadia Alaydrus dikutip dari akun TikTok pribadinya, Sabtu (24/2/2024).



"Tapi ingat ya kalau bawang merah yang bersentuhan langsung pada kulit itu bisa bikin iritasi," sambungnya.

Iritasi, dijelaskan dr Nadia biasanya menimbulkan beberapa gejala. Mulai dari muncul kemerahan di kulit hingga mengelupas sehingga secara medis tidak disarankan menggunakan bawang merah untuk mengobati demam pada anak.

“Tapi memang faktanya seperti bawang merah ataupun minyak kayu putih itu bisa memberikan kenyamanan dan kehangatan. Sehingga bisa membantu melebarkan pembuluh darah," jelasnya.

"Jadi panas tubuh tuh lebih gampang mereda yang penting pastikan kulit itu tidak alergi terhadap bawang merah,” lanjutnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2262 seconds (0.1#10.140)