Anak Demam saat Akan Tumbuh Gigi Bukan Efek Normal, Ini Penyebabnya

Minggu, 25 Februari 2024 - 22:09 WIB
loading...
Anak Demam saat Akan Tumbuh Gigi Bukan Efek Normal, Ini Penyebabnya
Demam yang datang saat anak tumbuh gigi bukanlah efek yang normal. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Anak yang sedang dalam masa tumbuh gigi kerap kali dikaitkan dengan gejala demam. Sering kali anak menjadi murung, lesu, dan tidak enak badan akibat mau tumbuh gigi.

Kondisi tersebut kerap dianggap wajar oleh sebagian orang karena mengetahui anaknya sedang dalam masa tumbuh gigi. Namun, ternyata kondisi demam yang datang saat anak tumbuh gigi bukanlah efek yang normal.

Dokter Gigi Spesialis Kedokteran Gigi Anak drg. Aliyah, Sp.KGA mengungkapkan bahwa demam karena tumbuh gigi adalah mitos belaka. Normalnya dalam masa pertumbuhan gigi anak tidak mengalami demam.



“Itu semuanya hanya mitos. Sebenarnya yang benar adalah ketika tumbuh gigi dia dalam kondisi yang sangat baik, tidak ada kotor mulutnya itu, dia tidak ada demam," ungkap drg. Aliyah, dikutip dari podcast Moms Corner di kanal YouTube Nikita Willy, Minggu (25/2/2024).

Kondisi demam terjadi akibat mulut anak kotor lantaran orang tua tidak rutin menjaga kebersihan mulut anak. Sehingga banyak bakteri menumpuk dan masuk ke tubuh si kecil bersamaan dengan makanan.

“Bukan, simply karena kotor. Jadi kalau misalnya anak setiap kali tumbuh gigi demam, artinya harus di-review kembali apakah orang tua sudah membersihkan rongga mulut anak dengan baik,” jelasnya.

Jika sejak usia 0 bulan bayi sudah rutin dibersihkan lidah, gusi, dan langit-langit mulutnya, maka higienitas mulut si kecil pun akan terjamin.

Banyak orang beranggapan anak jadi rewel akibat gusi terbuka saat tumbuh gigi, sehingga anak demam dan merasa luka akibat gusi tersebut. Padahal kondisi gusi yang terbuka bukanlah luka, melainkan memang proses alami dari gusi yang akan membuka jalan pada gigi untuk tumbuh. Gejala bengkak saat tumbuh gigi juga karena disebabkan oleh kotoran yang menumpuk.



“Nah kalau gusinya sudah bengkak-bengkak karena dia kotor, artinya pada saat dia ada sesuatu yang mau tumbuh dia pasti akan menyebabkan demam,” ujarnya.

Oleh karenanya, drg. Aliyah menyarankan para orang tua agar lebih memperhatikan kesehatan mulut anak sejak dini. Apabila si kecil belum memiliki gigi, maka bersihkan saja gusi, lidah, dan langit-langit mulutnya dengan kapas yang dicelupkan air hangat.

“Kadang-kadang mau tumbuh gigi nih, demam dianggap biasa, itu nggak sebenarnya. Itu artinya rongga mulutnya sedikit kotor nih. Apa yang bisa dilakukan? Dibersihkan saja,” imbau drg. Aliyah.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2282 seconds (0.1#10.140)