Suka Pusing Saat Berdiri? Waspadai Risiko Terkena Demensia

Jum'at, 14 Agustus 2020 - 09:15 WIB
loading...
Suka Pusing Saat Berdiri? Waspadai Risiko Terkena Demensia
Orang yang merasa pusing saat berdiri mungkin memiliki peningkatan risiko terkena demensia beberapa tahun kemudian. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Orang yang merasa pusing saat berdiri mungkin memiliki peningkatan risiko terkena demensia beberapa tahun kemudian. Hal ini berdasarkan studi yang telah dipublikasikan di Neurology, jurnal medis dari American Academy of Neurology.

Dilansir Times Now News, kondisi yang disebut hipotensi ortostatik ini terjadi ketika orang mengalami penurunan tekanan darah secara tiba-tiba saat berdiri.

Studi ini menemukan hubungan dengan demensia hanya pada orang yang mengalami penurunan tekanan darah sistolik, bukan pada orang dengan hanya penurunan tekanan darah diastolik atau tekanan darah secara keseluruhan.

Sistolik adalah angka pertama, atau teratas, dalam pembacaan tekanan darah dan hipotensi ortostatik sistolik didefinisikan sebagai penurunan minimal 15 mmHg setelah berdiri dari posisi duduk.

"Tekanan darah orang-orang ketika mereka berpindah dari duduk ke berdiri harus dipantau," kata penulis studi Laure Rouch, Pharm.D., Ph.D., dari University of California, San Francisco.

"Ada kemungkinan bahwa mengendalikan penurunan tekanan darah ini bisa menjadi cara yang menjanjikan untuk membantu melestarikan pemikiran dan kemampuan ingatan orang seiring bertambahnya usia," sambungnya. (Baca juga: Jika Anda Mengalami Ketidakseimbangan Hormon, Hindari 4 Makanan Sehat Ini! ).

Penelitian ini melibatkan 2.131 orang, yang berusia rata-rata 73 tahun dan tidak menderita demensia saat mendaftar. Pembacaan tekanan darah mereka diambil pada awal penelitian dan kemudian satu, tiga, dan lima tahun kemudian. Sebanyak 15% mengalami hipotensi ortostatik, 9% mengalami hipotensi ortostatik sistolik dan 6% mengalami hipotensi ortostatik diastolik.

Selama 12 tahun berikutnya, para peserta dievaluasi untuk melihat apakah ada yang mengembangkan demensia. Sebanyak 462 orang, atau 22%, memang mengidap penyakit tersebut.

Orang dengan hipotensi ortostatik sistolik hampir 40% lebih mungkin mengembangkan demensia dibandingkan mereka yang tidak memiliki kondisi tersebut. 50 dari 192 orang dengan hipotensi ortostatik sistolik, atau 26%, mengembangkan demensia, dibandingkan dengan 412 dari 1.939 orang tanpa hipotensi, atau 21%.

Ketika para peneliti menyesuaikan faktor-faktor lain yang dapat memengaruhi risiko demensia, seperti diabetes, merokok, dan penggunaan alkohol, mereka yang menderita hipotensi ortostatik sistolik 37% lebih mungkin mengembangkan demensia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1344 seconds (0.1#10.140)