Profil Ed Sheeran, Musisi Top Inggris yang Siap Tampil di Jakarta Besok

Jum'at, 01 Maret 2024 - 16:29 WIB
loading...
Profil Ed Sheeran, Musisi Top Inggris yang Siap Tampil di Jakarta Besok
Profil Ed Sheeran banyak dicari penggemar, khususnya dari Indonesia. Pasalnya, dia akan menggelar konser di JIS, Sabtu (2/3/2024). Foto/ Instagram
A A A
JAKARTA - Profil Ed Sheeran banyak dicari penggemar, khususnya dari Indonesia. Pasalnya, musisi top dunia asal Inggris ini akan menggelar konser di Indonesia, tepatnya di Jakarta International Staduim pada Sabtu (2/3/2024).

Ed Sheeran yang memiliki nama lengkao Edward Christopher Sheeran ini merupakan musisi kelahiran Inggris, 17 Februari 1991.



Sheeran lahir di Halifax, West Yorkshire dan dibesarkan di Framlingham, Suffolk. Fokusnya di musik semakn terasah ketika memasuki Academy of Contemporary Music di Guildford sebagai seorang sarjana pada usia 18 tahun pada 2009.

Pada awal 2011, Sheeran secara independen merilis sebuah extended play berjudul No. 6 Collaborations Project.

Setelah menandatangani kontrak dengan Asylum Records, album debutnya, + (dibaca sebagai "plus") pada September 2011, album ini langsung memuncaki tangga album Britania Raya dan Australia, berada di nomor lima di AS, dan telah disertifikasi tujuh-kali platinum di Britania Raya.

Album ini menghasilkan single "The A Team", yang membuatnya mendapatkan Ivor Novello Award sebagai Best Song Musically and Lyrically. Pada tahun 2012, Sheeran memenangkan Brit Awards sebagai Best British Male Solo Artist dan British Breakthrough Act.

"The A Team" mendapat nominasi sebagai Song of the Year di Grammy Awards 2013, di mana dia membawakan lagu ini bersama Elton John.

Album studio keduanya, x (dibaca sebagai "multiply"), dirilis pada Juni 2014. Album ini menduduki peringkat satu di Britania Raya dan AS.

Pada 2015, x memenangkan Brit Award sebagai Album of the Year, dan dia menerima Ivor Novello Award sebagai Songwriter of the Year dari British Academy of Songwriters, Composers and Authors. Singlenya dari x, "Thinking Out Loud", memperoleh dua Grammy Award pada 2016 untuk kategori: Song of the Year dan Best Pop Solo Performance. Pada Mei 2016, x dinobatkan sebagai album dengan penjualan terlaris di seluruh dunia.

Album ketiga Sheeran, Ă· (dibaca sebagai "divide"), dirilis pada Maret 2017. Salam seperti album sebelumnya, album ini berhasil meraih nomor satu di Britania Raya, AS dan negara-negara lainnya. Single utamnya, "Shape of You" dan "Castle on the Hill" memecahkan rekor di berbagai negara, termasuk Britania Raya, Australia, dan Jerman, dengan debut di dua posisi teratas di tangga lagu.

Sheeran telah menjual lebih dari 26 juta album dan 100 juta single di seluruh dunia dan menjadikannya sebagai salah satu penyanyi dengan penjualan terlaris di dunia.

Akting

Tidak hanya bermusik, Sheeran juga bisa berakting. Fia membuat debut akting pada 2014, di mana dia menjadi peran pendukung sebagai dirinya sendiri di opera sabun Selandia Baru Shortland Street, yang difilmkan ketika dia berada di negara ini.

Pada Mei 2015, Ed Sheeran muncul sebagai dirinya sendiri dan tampil di sebuah episode langsung dari komsit NBC Undateable.

Pada tahun yang sama, ketika berada di Australia, dia memfilmkan sebuah adegan untuk opera sabun Home and Away, sebagai sebuah karakter yang terinspirasi dari dirinya sendiri.

Pada Juli 2017, Sheeran tampil sebagai peran pendukung di Game of Thrones di sebuah adegan bersama aktris Maisie Williams, yang memainkan karakter Arya Stark.

Kehidupan pribadi

Sheeran berpacaran dengan penyanyi Skotlandia Nina Nesbitt yang tampil di video musiknya berjudul "Drunk" pada 2012, sebelum putus.

Nesbitt adalah inspirasi dari lagu Sheeran berjudul "Nina" dan "Photograph", sementara album Nesbitt, Peroxide, tentang Sheeran.

Pada Januari 2014, Sheeran menjalin hubungan dengan Athina Andrelos, yang bekerja bersama koki Jamie Oliver. Athina Andrelos menjadi inspirasi dari lagu Sheeran berjudul "Thinking Out Loud". Namun, keduanya berpisah pada Februari 2015.



Sejak Juli 2015, Sheeran menjalin hubungan dengan teman masa kecil dan mantan teman sekelasnya semasa SMA, Cherry Seaborn dan mengumumkan pertunangan pada Januari 2018.

Pada Agustus 2018 pasangan ini mengisyaratkan menikah di sebuah upacara tertutup, yang dikonfirmasi pada Juli 2019 dalam lagu "Remember the Name".

Ed Sheeran memiliki dua anak perempuan bernama Lyra Antarctica Seaborn Sheeran yang lahir pada 2020 dan Jupiter Seaborn Sheeran yang lahir pada 2022.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1996 seconds (0.1#10.140)