Apakah Boleh Keramas saat Sedang Haid? Ini Faktanya

Kamis, 07 Maret 2024 - 05:00 WIB
loading...
Apakah Boleh Keramas saat Sedang Haid? Ini Faktanya
Boleh saja untuk keramas selama haid. Pada dasarnya tidak ada larangan kesehatan yang menghentikan seseorang dari melakukan keramas selama masa menstruasi. Foto/Istock Photo
A A A
JAKARTA - Boleh saja untuk keramas selama haid . Pada dasarnya tidak ada larangan kesehatan yang menghentikan seseorang dari melakukan keramas selama masa menstruasi.

Namun, ini adalah preferensi pribadi, dan beberapa orang mungkin merasa lebih nyaman untuk tidak mencuci rambut mereka atau keramas selama haid .

Medical Doctor & Health Content Creator dr Kevin Mak mengatakan bahwa keramas saat haid justru baik untuk kesehatan kulit kepala. Ini karena produksi kelenjar keringat ketika menstruasi akan meningkat.

“Justru keramas saat haid itu akan menjaga kesehatan dan juga menjaga kenyamanan kulit kepala kamu selama masa haid,” kata dr Kevin dikutip dari akun Instagram pribadinya, @drkevinmak, Kamis (7/3/2024).



“Karena ketika masa haid, produksi kelenjar keringat dan produksi minyak bisa meningkat. Dan keramas saat haid tidak akan menyebabkan darah haid menjadi beku,” sambungnya.

Selain tidak menyebabkan darah haid menjadi beku, dr Kevin juga membantah anggapan keramas saat menstruasi akan menyebabkan nyeri kepala bertambah atau menyebabkan pori-pori jadi terbuka. Menurutnya, hal tersebut hanyalah mitos yang belum terbukti kebenarannya secara ilmiah.

“Jadi kamu kalau mau keramas saat haid silahkan saja ya,” jelasnya.

Di sisi lain, jika Anda memilih untuk keramas saat haid, pastikan untuk memilih produk perawatan rambut yang sesuai dengan jenis rambut. Penting hindari menggunakan air yang terlalu panas, karena hal ini dapat mengiritasi kulit kepala dan meningkatkan produksi minyak.



Selain itu, gunakan produk yang lembut dan aman untuk digunakan selama masa haid. Penting untuk tetap menjaga kebersihan diri selama menstruasi, termasuk menjaga area genital bersih.

Caranya adalah dengan mengganti pembalut atau tampon secara teratur. Anda juga dapat mencuci tangan sebelum dan setelah melakukan perawatan pribadi.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1747 seconds (0.1#10.140)