Benarkah Capung Gigit Pusar Bikin Anak Berhenti Ngompol? Ini Fakta Mengejutkannya

Rabu, 06 Maret 2024 - 11:05 WIB
loading...
Benarkah Capung Gigit Pusar Bikin Anak Berhenti Ngompol? Ini Fakta Mengejutkannya
Anak mengompol. Keterampilan anak dalam menggunakan toilet merupakan sebuah transisi yang besar pada tahapan kehidupannya. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Masyarakat Indonesia sejak dulu mempercayai bahwa capung bukanlah hewan yang biasa. Pasalnya, capung dianggap bisa membantu anak agar tidak mudah ngompol atau bahkan berhenti sama sekali.

Kepercayaan ini ternyata masih cukup familiar dan diyakini oleh sebagian orang. Mereka rela menangkap capung, lalu menempelkan bagian kepala capung ke pusar yang ada di perut anak. Setelah melakukan hal tersebut, biasanya orang tua percaya bahwa sang anak tidak akan lagi ngompol saat tidur.

Lantas, apakah benar gigitan capung pada pusar anak ampuh membuat anak antingompol?



Dokter sekaligus content creator kesehatan dr. Nadia Alaydrus mengungkapkan, hal tersebut jelas hanya mitos belaka. Hal ini karena belum ditemukan bukti ilmiah terkait dengan kebiasaan tersebut.

Tak cuma itu, dr. Nadia juga menjelaskan kalau menempelkan capung ke pusar anak justru dapat membuat kulit anak iritasi, sebab kulit anak-anak masih sangat sensitif. Selain itu, hal tersebut juga bisa memicu trauma hingga fobia pada anak.

“Faktanya rahang capung itu nggak kuat untuk menggigit manusia, yang ada justru bisa bikin kulit iritas, anak trauma sama capung atau malah fobia,” kata dr. Nadia, dikutip dari unggahan di akun Instagramnya @nadialaydrus, Rabu (6/3/2024).

Dokter Nadia menjelaskan, keterampilan anak dalam menggunakan toilet merupakan sebuah transisi yang besar pada tahapan kehidupannya. Oleh karena itu orang tua harus membimbing dan membantu anak untuk menguasai keterampilan tersebut.

Meskipun tidak cepat dan singkat, pasti si kecil lama-kelamaan akan terbiasa menggunakan toilet. Menurut dr. Nadia, umumnya anak-anak baru bisa menggunakan toilet pada usia 3 tahun.



"Sebagian besar anak itu mulai bisa menggunakan toilet pada usia 3 tahun dan sepenuhnya bisa menggunakan toilet pada usia 5 tahun,” ujarnya.

Namun, sebetulnya jika anak masih mengompol di usia 5 sampai 7 tahun, hal ini sangatlah wajar. Sebab, anak-anak belum menyadari sinyal alamiah yang diberikan tubuh ketika hendak buang air kencing ke toilet.

Guna menghindari anak ngompol ketika tidur, dr. Nadia menyarankan untuk melatih anak buang air kecil sebelum tidur. Bukan cuma itu, orang tua juga bisa memberikan afirmasi dan sugesti positif untuk anak agar mau belajar buang air kecil di toilet.

“Latih anak untuk buang air kecil dulu sebelum tidur dan hindari mengonsumsi air putih ataupun susu dua jam sebelum tidur,” pungkasnya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3271 seconds (0.1#10.140)