Benarkah Tangan Berkeringat Tanda Paru-paru Basah?

Rabu, 06 Maret 2024 - 05:00 WIB
loading...
Benarkah Tangan Berkeringat Tanda Paru-paru Basah?
Tangan berkeringat secara umum bukanlah tanda langsung dari kondisi paru-paru basah atau pneumonia. Pneumonia adalah infeksi pada saluran pernapasan. Foto/Istock Photo
A A A
JAKARTA - Tangan berkeringat secara umum bukanlah tanda langsung dari kondisi paru-paru basah atau pneumonia. Pneumonia adalah infeksi pada saluran pernapasan yang menyebabkan paru-paru mengalami peradangan dan pengisian cairan yang tidak normal.

Gejala umum paru-paru basah meliputi demam, batuk, sesak napas, nyeri dada, dan kadang-kadang menggigil. Tangan berkeringat sendiri merupakan respons fisik terhadap stres, kecemasan, atau kondisi medis lainnya.

Medical Doctor & Health Content Creator dr Kevin Mak mengatakan bahwa alih-alih tanda paru-paru basah, tangan berkeringat merupakan kondisi medis yang disebut dengan hiperhidrosis.

Hiperhidrosis adalah kondisi medis di mana seseorang mengalami keringat berlebihan yang tidak terkendali. Ini dapat terjadi pada area tubuh tertentu, seperti tangan, kaki, ketiak, atau seluruh tubuh.



Benarkah Tangan Berkeringat Tanda Paru-paru Basah?

Foto/Infografis SINDOnews

Hiperhidrosis dapat memengaruhi kualitas hidup seseorang karena dapat menyebabkan ketidaknyamanan fisik, kecemasan sosial, dan gangguan dalam aktivitas sehari-hari.

“Namanya itu hiperhidrosis. Kelenjar keringat terlalu aktif dibanding orang lain,” kata Medical Doctor & Health Content Creator dr Kevin Mak dikutip dari akun Instagram pribadinya, @drkevinmak dikutip Rabu (6/3/2024).

Gejala hiperhidrosis dapat bervariasi dari ringan hingga parah dan dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari seseorang. Beberapa metode pengelolaan hiperhidrosis termasuk penggunaan antiperspiran kuat, obat-obatan yang diresepkan oleh dokter.

Selain itu, terapi iontophoresis atau penggunaan arus listrik lemah untuk mengurangi produksi keringat, botulinum toxin injections, dan dalam kasus yang parah, prosedur bedah seperti pemotongan saraf yang bertanggung jawab atas produksi keringat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2120 seconds (0.1#10.140)