5 Cara Menggoreng Tempe, Makanan Khas Indonesia yang Mendunia

Rabu, 06 Maret 2024 - 18:20 WIB
loading...
5 Cara Menggoreng Tempe, Makanan Khas Indonesia yang Mendunia
Cara menggoreng tempe memang terlihat mudah. Nyatanya, banyak orang belum bisa menggoreng tempe yang renyah dan gurih. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Cara menggoreng tempe memang terlihat mudah. Nyatanya, banyak orang belum bisa menggoreng tempe yang renyah dan gurih.

Tempe kini telah mendunia dan makin naik pamornya seiring dengan gaya hidup vegan. Sebab, tempe merupakan sumber protein nabati paling baik yang kaya akan vitamin dan mineral.

Lantas, bagaimana cara menggoreng tempe yang enak disantap?

Cara Menggoreng Tempe





1. Pilih Tempe yang Segar


Ada berbagai jenis tempe yang dijual di pasar. Mulai dari tempe bungkus plastik hingga tempe bungkus daun. Ada pula yang berupa potongan balok besar, silinder atau segi empat panjang.

Di pagi hari biasanya tempe dijual dalam kondisi belum mengalami fermentasi penuh. Pilih tempe yang sudah penuh fermentasinya dan jika dipotong jaringan jamur dan kedelainya rapat. Tetapi jika ingin dimasak sore atau hari berikutnya pilih yang masih belum selesai fermentasinya. Di rumah bisa ditaruh dalam suhu ruangan agar jadi padat.

2. Iris dengan Ketebalan Sama


Sebelum dibumbui dan digoreng, potong-potong tempe berbentuk balok dengan ukuran yang sesuai selera. Sebaiknya tebalnya maksimal 1/2cm agar bisa kering dan renyah.

Untuk tempe berbungkus daun, bisa dikerat-kerat menyilang permukaannya sebelum dibumbui. Keratan ini akan membuat bumbu bisa meresap hingga ke bagian dalam kedelai.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1069 seconds (0.1#10.140)