5 Efek Samping Minum Teh di Malam Hari, Bikin Sulit Tidur

Rabu, 06 Maret 2024 - 19:35 WIB
loading...
5 Efek Samping Minum Teh di Malam Hari, Bikin Sulit Tidur
Minum teh di malam hari dapat memiliki beberapa efek samping. Namun, ini tergantung pada jenis teh yang dikonsumsi dan sensitivitas individu terhadap kafein. Foto/Istock Photo
A A A
JAKARTA - Minum teh di malam hari dapat memiliki beberapa efek samping. Namun, hal ini tergantung pada jenis teh yang dikonsumsi dan sensitivitas individu terhadap kafein.

Penting untuk diingat bahwa efek minum teh di malam hari dapat bervariasi antar individu. Beberapa orang mungkin tidak terpengaruh oleh konsumsi teh sebelum tidur, sementara orang lain merasa sulit tidur setelah minum teh, terutama teh yang mengandung kafein.

Jika Anda memiliki masalah tidur atau sensitivitas terhadap kafein, disarankan untuk menghindari minum teh yang mengandung kafein di malam hari. Kemudian pilih teh herbal yang tidak mengandung kafein sebagai alternatif.

5 Efek Samping Minum Teh di Malam Hari



Berikut adalah beberapa efek samping minum teh di malam hari dilansir dari Health Line, Rabu (6/3/2024).



1. Sulit Tidur


Teh mengandung kafein, terutama jenis teh hitam dan teh hijau. Kafein adalah stimulan yang dapat meningkatkan tingkat energi, meningkatkan kewaspadaan, dan meningkatkan metabolisme.

Namun, konsumsi kafein di malam hari dapat mengganggu tidur dan menyebabkan sulit tidur atau tidur tidak nyenyak bagi beberapa orang. Terutama mereka yang sensitif terhadap kafein.

2. Efek Relaksasi


Beberapa jenis teh, seperti teh herbal yakni chamomile, peppermint, atau lavender tidak mengandung kafein dan memiliki sifat relaksasi. Minum teh herbal di malam hari dapat membantu meredakan stres, mengurangi kecemasan, dan mempersiapkan tubuh untuk tidur yang lebih baik.

3. Pencernaan


Beberapa orang menemukan bahwa minum teh herbal tertentu, seperti jahe atau peppermint, dapat membantu meredakan gangguan pencernaan dan masalah perut, seperti kembung atau sakit perut. Ini bisa bermanfaat jika Anda mengalami ketidaknyamanan pencernaan di malam hari.

4. Alergi


Meskipun teh herbal umumnya dianggap aman, beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi atau sensitivitas terhadap bahan tertentu dalam teh. Jika Anda memiliki riwayat alergi atau sensitivitas terhadap tumbuhan tertentu, penting untuk memeriksa label dan memilih teh yang sesuai.



5. Frekuensi Buang Air Kecil


Minum teh, terutama jenis yang mengandung kafein, dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil. Ini bisa mengganggu tidur atau membuat Anda sering bangun di malam hari untuk buang air kecil.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0845 seconds (0.1#10.140)