Puasa Sehat Lancar, Ini 6 Makanan yang Harus Dikonsumsi dan Dihindari saat Sahur

Kamis, 07 Maret 2024 - 08:20 WIB
loading...
Puasa Sehat Lancar, Ini 6 Makanan yang Harus Dikonsumsi dan Dihindari saat Sahur
Saat Ramadan, setiap umat muslim akan menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Momen ini membuat umat Islam akan mengalami perubahan makan dan minum. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Saat Ramadan, setiap umat muslim akan menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Momen ini membuat umat Islam akan mengalami perubahan makan dan minum.

Keadaan tersebut membuat perbedaan besar pada tingkat energi tubuh. Untuk itu, kita harus cerdas mengatur apa saja yang harus dikonsumsi oleh tubuh selama Ramadan.

Sayang, terkadang kita sering kali makan berlebihan saat sahur demi menabung energi sebanyak-banyaknya. Keadaan ini ternyata dapat memperburuk kesehatan tubuh.



Rahma Ali, ahli diet klinis di Rumah Sakit Burjeel Abu Dhabi mengatakan, makanan berbuka dan sahur harus seimbang serta mengandung item dari setiap kelompok makanan seperti sayuran, sereal, daging, produk susu, dan buah.

“Penting untuk memiliki pengendalian diri saat melihat hamparan makanan yang menggugah selera. Kuncinya adalah mengingat bahwa Ramadan adalah bulan untuk menuai pahala dan manfaat, serta meningkatkan hubungan spiritual Anda,” kata Ali, dikutip dari The National News, Kamis (7/3/2024).

"Sahur harus sehat agar bisa memberikan energi yang cukup untuk bertahan selama berjam-jam berpuasa. Makanan yang dikonsumsi penting untuk menjaga Anda tetap terhidrasi, jadi perhatikan baik-baik pemilihan makanan saat sahur," lanjutnya.

Berikut ini, daftar makanan yang harus dikonsumsi dan dihindari saat sahur.

Makanan yang Harus Dikonsumsi saat Sahur

1. Makanan Kaya Protein

Dianjurkan untuk mengonsumsi makanan kaya akan protein saat sahur. Salah satu contohnya yakni telur. Makanan kaya protein ini tidak hanya membantu Anda tetap kenyang lebih lama, tetapi juga bisa dibuat dengan beberapa cara sesuai selera.

2. Makanan Kaya Serat

Makanan kaya akan serat seperti oatmeal sangat dibutuhkan oleh tubuh. Serat larut berubah menjadi gel di perut dan memperlambat pencernaan, sehingga membantu menurunkan kolesterol dan glukosa darah, serta membuat Anda tetap berenergi sepanjang puasa.


3. Makanan Kaya Kalsium dan Vitamin

Makanan kaya akan kalsium dan protein, seperti produk susu merupakan sumber nutrisi yang baik. Pilihlah smoothie yoghurt atau pilih milkshake vanila dan madu agar tetap kenyang sekaligus terhidrasi sepanjang hari.

Makanan yang Harus Dihindari saat Puasa

1. Karbohidrat Sederhana atau Olahan

Karbohidrat sederhana atau olahan seperti gula, tepung putih, kue kering, donat, ataupun croissant hanya memberikan kepuasan selama tiga hingga empat jam dan rendah nutrisi penting.

2. Makanan Asin

Ketidakseimbangan natrium dalam tubuh dapat membuat Anda haus saat berpuasa. Jadi usahakan untuk menghindari kacang asin, acar, dan keripik.

3. Minuman Berkafein

Minuman berkafein seperti kopi dapat menyebabkan insomnia dan kegelisahan. Selain itu, tidak menghidrasi dan membuat Anda rindu air sepanjang hari.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2738 seconds (0.1#10.140)