7 Kekurangan Film MH370, Tak Memberi Jawaban Malaysia Airlines Hilang Misterius

Kamis, 07 Maret 2024 - 16:33 WIB
loading...
7 Kekurangan Film MH370, Tak Memberi Jawaban Malaysia Airlines Hilang Misterius
Film dokumenter MH370: The Plane That Disappeared meninjau kembali hilangnya pesawat Malaysia Airlines secara misterius. Foto/ netflix
A A A
JAKARTA - Film dokumenter MH370: The Plane That Disappeared meninjau kembali hilangnya pesawat Malaysia Airlines secara misterius.

Namun, seperti dikutip screenrant, film dokumenter terbaru Netflix MH370: The Plane That Disappeared tidak memberikan informasi sebanyak yang seharusnya, seperti ke mana hilangnya pesawat tersebut dan penyebab hilangnya pesawat. Ini masih menjadi misteri selama hampir satu dekade.



Film dokumenter Netflix membuktikan bahwa orang-orang masih bertekad untuk menemukan jawaban, meski hal itu menjadi semakin sulit seiring berjalannya waktu. Film dokumenter ini menghadirkan beberapa anggota keluarga korban serta tokoh otoritas seperti Mantan Direktur Krisis Malaysia Airlines dan penulis Jeff Wise banyak berinvestasi dalam hilangnya pesawat.

Wise memiliki banyak teori menarik, seperti beberapa teori lainnya dalam film dokumenter. Namun, sebagian besar teori tersebut tidak didasarkan pada bukti dan sebagian besar teori yang dibagikan hanyalah konspirasi.

Sayang, ada banyak hal yang tidak tercakup dalam film dokumenter Netflix dan jika ada, serial ini akan memiliki lebih banyak hal untuk ditawarkan.

Misalnya, Wise mengangkat teori bahwa pilot Zaharie Ahmad Shah bertanggung jawab atas hilangnya pesawat tersebut. Sementara, yang lain berbagi teori tentang keterlibatan Rusia atau campur tangan Pemerintah Amerika. Masih belum ada bukti nyata mengenai hal ini, terutama dari film dokumenter Netflix.

Fakta-Fakta Film MH370: The Plane That Disappeared

7. Film dokumenter MH370 mengabaikan peran pemerintah Malaysia
Film dokumenter MH370 mendalami berbagai aspek cerita, namun komponen utama yang diabaikan adalah peran pemerintah Malaysia.

Film dokumenter Netflix memang menampilkan rasa frustrasi warga yang menunggu jawaban yang tak kunjung datang, namun dengan semua teori yang dihadirkannya, film tersebut tidak pernah sepenuhnya menyelami pemerintahan Malaysia.

Meski beberapa penganut teori konspirasi mungkin bisa mengemukakan teori liar tentang bagaimana pemerintah merencanakan semuanya, sudut pandang yang lebih logis untuk diambil dari film dokumenter Netflix adalah mengapa pemerintah memberikan begitu sedikit jawaban kepada mereka yang sangat ingin bersatu kembali anggota keluarga mereka yang berada dalam penerbangan tersebut dan mengapa mereka menyembunyikan informasi.

Perusahaan satelit swasta Inggris Inmarsat menemukan bahwa MH370 telah meninggalkan jalurnya, bergerak menuju Vietnam, bukannya melanjutkan perjalanan ke Utara.

Pemerintah Malaysia mengetahui informasi ini dari radar militernya, tetapi tidak merilisnya sampai seminggu setelah hilangnya pesawat tersebut sehingga menyebabkan para pencari mencari pesawat tersebut di area yang salah.

Pemerintah kemungkinan besar berusaha untuk membuat warga tetap tenang dan menyelamatkan diri agar tidak terlihat buruk setelah kejadian yang menimpa pesawat tersebut. Menarik sekali melihat film dokumenter Netflix membahas topik ini.
7 Kekurangan Film MH370, Tak Memberi Jawaban Malaysia Airlines Hilang Misterius

6. Telepon dari trailer film dokumenter MH370
Dalam salah satu adegan film dokumenter Netflix, Jiang Hui, putra seorang penumpang MH370, menyebutkan bahwa sambil menunggu jawaban, seorang gadis berlari ke arahnya, menunjukkan bahwa dia menerima panggilan telepon dari ayahnya, yang berada di dalam pesawat. Sayang, deringnya berhenti ketika dia mencoba mengangkat teleponnya.

Hui menjelaskan bahwa dia dan banyak orang lainnya mencoba menelepon kerabat mereka, dan ada sambungan serta nada dering, namun pemerintah mengatakan kepada mereka bahwa mereka tidak memiliki teknologi untuk menyelidiki lebih lanjut.

Sayangnya, cerita ini berakhir di sini, dan pihak dokumenter tidak mengeksplorasinya lebih jauh meskipun menjadi salah satu hal paling menarik dan membingungkan yang disebutkan. Hal ini juga menyebabkan kurangnya upaya pemerintah Malaysia untuk mengetahui apa yang terjadi pada MH370.

5. Tidak ada informasi dan motif Kapten Ahmad Shah
Salah satu teori dalam film dokumenter Netflix yang banyak ditekankan adalah keterlibatan Kapten Zaharie Ahmad Shah. Wise menyelami teori ini, percaya bahwa kemungkinan paling logis adalah bahwa Zaharie merencanakan semuanya sebagai pembunuhan massal-bunuh diri. Meskipun tidak ada bukti bahwa dia terlibat, teori Wise tampaknya paling realistis.

Film dokumenter ini secara singkat berbicara tentang kemungkinan motif Zaharie, seperti motivasi politik dan perjuangan kesehatan mental di masa lalu, meskipun banyak yang terlewatkan. Sebaliknya, film tersebut mewawancarai anggota keluarganya, yang hanya mengatakan hal-hal positif tentang dirinya. Tentu saja, ini sepenuhnya bias, seolah-olah mereka mengetahui sesuatu, mereka mungkin menutupi Zaharie.

Banyak orang yang dekat dengan sang kapten membenarkan bahwa dia mengaku kesepian dan sedih. Misalnya, pernikahannya buruk, dan dia beberapa kali berselingkuh dengan pramugari, yang diketahui istrinya.

4. Tidak termasuk teori Chris Goodfellow
Terlepas dari semua konspirasi yang ditampilkan dalam film dokumenter Netflix, ada satu konspirasi yang cukup menarik yang ditulis oleh Chris Goodfellow, pada saat hilangnya MH370, memiliki pengalaman 20 tahun sebagai pilot. Hal terbaik tentang teori Goodfellow adalah teori ini tidak membahas masalah korupsi atau menyalahkan siapa pun atas niat jahat dengan sedikit bukti. Pilot yakin mungkin telah terjadi kebakaran di kokpit, dan perubahan rute pesawat adalah mendaratkan pesawat secara darurat di landasan pacu sepanjang 13.000 kaki di Pulau Langkawi.

Goodfellow yakin api mungkin telah melelehkan kabel elektronik yang melepaskan gas sianida dan membuat semua orang pingsan. Meskipun teori ini hanyalah sebuah teori seperti yang ada dalam film dokumenter MH370, dan hanya ada sedikit bukti mengenai kebenarannya, teori ini jelas merupakan teori yang menarik dan patut untuk dieksplorasi dalam film dokumenter tersebut.

3. Tidak termasuk penemuan puing
Mengenai puing-puing MH370, film dokumenter ini menyelami misi Blaine Gibson untuk menemukan puing-puing tersebut, yang berhasil dia capai. Namun, ada juga kisah seorang dokter Afrika Selatan bernama Dr. Schalk LĂĽckhoff yang menemukan puing-puing di Teluk Mossel pada Desember 2016.

LĂĽckhoff mengatakan dia mengabaikan puing-puing tersebut saat pertama kali melihatnya karena baunya sangat menyengat dari kerang busuk yang menempel. untuk itu. LĂĽckhoff tidak disertakan dalam film dokumenter tersebut, begitu pula kisahnya menemukan puing-puing.

2. Tidak ada kontribusi Richard Godfrey
Richard Godfrey telah melakukan penelitian ekstensif terhadap MH370, namun tidak ada satu pun dari dirinya yang disebutkan dalam film dokumenter tersebut. Sayang, film dokumenter MH370 tidak menyelami informasi yang muncul dalam beberapa tahun terakhir, seperti semua yang telah diselidiki Godfrey.

Misalnya, Godfrey yakin dia telah menemukan lokasi MH370 di Samudera Hindia, tempat banyak orang lain yakin pesawat itu mendarat. Ia juga percaya dengan teori pembunuhan-bunuh diri yang dihadirkan Wise dalam film dokumenter tersebut. Dengan semua penelitiannya, dia akan memiliki banyak informasi untuk ditawarkan kepada film dokumenter Netflix, tetapi sayangnya dia dikecualikan.



1. Film MH370 tidak memberikan jawaban konkrit
MH370: Pesawat yang Hilang dipenuhi dengan teori tentang apa yang mungkin terjadi, namun sayangnya tidak memberikan jawaban konkrit. Meskipun menarik untuk mengeksplorasi apa yang mungkin terjadi, pemirsa dihadapkan pada pertanyaan yang sama seperti di awal film dokumenter.

Tentu saja, kecil kemungkinannya ada orang yang bisa membuktikan apa yang sebenarnya terjadi pada MH370, namun film dokumenter Netflix tidak memberikan banyak kejelasan. Bahkan teori paling logis tentang keterlibatan Zaharie tidak memberikan informasi yang cukup bagi pemirsa untuk menyimpulkan bahwa dialah penyebab hilangnya pesawat tersebut.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3113 seconds (0.1#10.140)