Indonesia Bakal Kebanjiran Wisatawan Mancanegara, Bintan Triathlon 2024 Diikuti 40 Negara

Kamis, 07 Maret 2024 - 19:01 WIB
loading...
Indonesia Bakal Kebanjiran Wisatawan Mancanegara, Bintan Triathlon 2024 Diikuti 40 Negara
Kemenparekraf siap kedatangan wisatawan mancanegara lewat ajang sport tourism Bintan Triathlon 2024. Foto/ mpi
A A A
JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) siap datangkan wisatawan mancanegara yang lebih banyak ke Indonesia lewat ajang sport tourism Bintan Triathlon 2024. Acara ini akan diselenggarakan di Lagoi Bay kawasan wisata Bintan Resorts pada 1-2 Juni 2024.

"Event sport tourism salah satu instrumen paling efektif mendatangkan wisatawan mancanegara dan wisatawan lokal," kata Vinsensius Jemadu, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jakarta Pusat, Kamis (7/3/2024).



Tidak hanya itu saja, Vinsen menyebut jika Bintan merupakan pintu gerbang bagi wisatawan mancanegara untuk datang ke Indonesia. Dengan ini, Vinsen yakin akan banyak sekali wisatawan mancanegara datang ke Indonesia.

"Memang kita mengharapkan dari event ini membawa wisatawan mancanegara, kita punya gerbang utama mendatangkan wisatawan mancanegara ke Kepulauan Riau (Bintan dan Batam), Jakarta, dan Bali," ucap Vinsen.

Jika dilihat dari sisi acara, Vinsen yakin Bintan Triathlon 2024 dapat mendatangkan banyak wisatawan mancanegara yang sangat banyak karena ajang sport tourism ini memiliki kualitas premium. Mulai dari penyelenggaraan event yang sangat baik, konsistensi penyelenggaraan, hingga banyaknya wisatawan mancanegara yang ikut serta dalam acara ini dibandingkan wisatawan lokal.

"Dari tahun ketahun, bukan jumlah peserta saja yang ditingkatkan tapi kualitasnya juga ditingkatkan serta dampaknya baik dalam ekonomi dan sosial budaya lokal serta lingkungan," ucap Vinsen.

Lebih lanjut, Vinsen menyampaikan jika Sandiaga Salahuddin Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sendiri telah menargetkan tiga juta wisatawan mancanegara untuk datang ke Kepulauan Riau. Salah satu upaya untuk mencapai target tersebut yakni lewat acara Bintan Triathlon 2024.

Sebagai informasi, Bintan Triathlon merupakan salah satu event sport tourism tertua di Indonesia. Tahun ini Bintan Triathlon terlaksana untuk yang ke-20 kalinya. Acara ini diperkirakan akan diikuti lebih dari 1.500 peserta dari 40 negara.



Nantinya para peserta akan berkumpul di Bintan Resort untuk menghadapi tantangan ketahanan fisik dari berbagai kategori. Mulai dari Enduro yang mencakup renang sejauh 1,5 km, sepeda 80 km, lari 20 km, hingga kategori Olympic dan Sprint yang tentunya memiliki tantangan yang lebih ringan dari enduro.

Tidak hanya berolahraga, para peserta acara ini juga akan menikmati pemandangan tropis yang sangat luar biasa. Dengan berlokasi di Lagoi Bay, Bintan Resort, para atlet dapat menikmati keindahan pantai hingga hutan yang hijau.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1158 seconds (0.1#10.140)