3 Rekomendasi Pisang untuk Kolak, Menu Takjil Favorit

Sabtu, 09 Maret 2024 - 05:50 WIB
loading...
3 Rekomendasi Pisang untuk Kolak, Menu Takjil Favorit
Kolak merupakan salah satu kudapan manis khas Indonesia. Di bulan Ramadan, biasanya kolak menjadi menu takjil favorit masyakat yang paling mudah ditemukan, terutama kolak pisang. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Kolak merupakan salah satu kudapan manis khas Indonesia. Di bulan Ramadan, biasanya kolak menjadi menu takjil favorit masyakat yang paling mudah ditemukan, terutama kolak pisang.

Kolak memiliki rasa manis yang dipadu gurihnya santan kelapa. Cita rasa manis itu lazimnya berasal dari gula merah yang direbus bersama air santan.

Salah satu isian kolak adalah pisang. Namun, tidak sembarang pisang cocok dijadikan kolak. Hanya jenis pisang tertentu yang bisa mempengaruhi tekstur dan cita rasa kolak tersebut. Pisang ini tentu tidak boleh terlalu lembek karena akan mudah hancur ketika direbus bersama air santan dan gula merah.


Rekomendasi Pisang untuk Kolak

1. Pisang Tanduk

Rekomendasi pisang untuk kolak yang pertama adalah pisang tanduk. Pisang ini memiliki tekstur agak keras, sehingga cocok dijadikan kolak.

Pisang tanduk memiliki ukuran lebih besar dan panjang dibandingkan jenis pisang lainnya. Bentuknya melengkung menyerupai tanduk hewan. Pisang ini sangat direkomendasi dimasak untuk kolak, dan memang paling sering digunakan untuk membuat kolak.

2. Pisang Nangka

Pisang selanjutnya yang direkomendasikan untuk kolak adalah pisang nangka. Pisang ini unik karena tak seperti pisang lain yang kulitnya akan berwarna kuning ketika sudah matang, pisang nangka bakal tetap berkulit hijau.

Meski demikian, ketika sudah matang, pisang nangka akan bertekstur empuk namun tidak lembek layaknya pisang ambon, misalnya.

3. Pisang Kepok

Pisang kepok termasuk kelompok pisang olah (plantain) karena tinggi kandungan patinya. Pisang ini bertekstur empuk namun tidak lembek. Pisang kepok yang sudah matang dan bisa diolah menjadi kolak umumnya bisa dicirikan melalui kulitnya yang menguning.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1173 seconds (0.1#10.140)