4 Jenis Takjil yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

Sabtu, 09 Maret 2024 - 04:40 WIB
loading...
4 Jenis Takjil yang Harus Dihindari Penderita Diabetes
Terdapat sedikitnya empat jenis takjil yang harus dihindari penderita diabetes saat berbuka puasa. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Terdapat sedikitnya empat jenis takjil yang harus dihindari penderita diabetes saat berbuka puasa. Sebagian besar di antaranya adalah makanan favorit masyarakat Indonesia.

Puasa Ramadan menjadi kewajiban seluruh umat Islam di dunia. Khusus bagi pengidap masalah kesehatan seperti diabetes, mereka memerlukan persiapan lebih, termasuk menentukan skema pola makannya.

Bagi penderita diabetes, pemilihan takjil juga menjadi salah satu aspek penting wajib diperhatikan. Mereka harus bisa menjaga kadar gula tetap stabil untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.



Lantas, apa saja jenis takjil yang harus dihindari penderita diabetes ketika berbuka puasa? Berikut beberapa contohnya, sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber, Sabtu (9/3/2024).

Takjil yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

1. Gorengan

Masyarakat Indonesia sangat menyukai makanan-makanan yang digoreng. Bahkan, sebagian di antaranya mungkin selalu menjadikannya sebagai santapan wajib saat berbuka puasa.

Namun, penderita diabetes sangat dianjurkan untuk menghindari konsumsi jenis-jenis makanan yang digoreng. Salah satu alasannya karena gorengan mengandung kalori hingga lemak trans yang cukup tinggi.

2. Es Buah

Puasa juga sangat identik dengan beragam olahan penyegar mulut seperti es buah. Namun, penderita diabetes tidak dianjurkan untuk mengonsumsinya agar kadar gula tetap stabil.

Umumnya, penderita diabetes sudah tahu bahwa mereka tidak dianjurkan mengonsumsi minuman manis, baik yang ditambahkan gula maupun memakai pemanis buatan. Hal tersebut juga berlaku untuk jenis olahan seperti es buah ini.

Tak hanya buah-buahan segar, biasanya es buah akan dikombinasikan dengan sejumlah komponen lain. Seperti gula, kental manis, serta sirup sehingga rasa manisnya akan sangat pekat.


3. Makanan Ringan Kemasan

Berikutnya adalah jenis makanan ringan dalam kemasan. Alasannya karena snack kemasan tersebut biasanya banyak mengandung kalori tinggi.

Tak hanya itu, beberapa jenisnya bahkan mengandung tepung terigu, gula hingga pengawet dalam kadar yang tinggi. Bahan-bahan yang terkandung di dalam snack dapat menghambat kinerja insulin dalam tubuh dan meningkatkan gula darah.

4. Makanan Tinggi Natrium

Pengidap diabetes juga dianjurkan membatasi konsumsi makanan tinggi natrium. Jenisnya pun beragam dari makanan kalengan, makanan yang diawetkan, daging olahan, makanan kemasan, dan lain-lain.

Demikianlah ulasan mengenai deretan takjil yang harus dihindari penderita diabetes.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1700 seconds (0.1#10.140)