3 Tips Buka Puasa Sehat ala Ade Rai, dari Pilihan Makanan hingga Olahraga

Senin, 11 Maret 2024 - 03:30 WIB
loading...
3 Tips Buka Puasa Sehat ala Ade Rai, dari Pilihan Makanan hingga Olahraga
Berpuasa di bulan Ramadan bisa menjadi momentum untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Berpuasa di bulan Ramadan bisa menjadi momentum untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Dengan membiasakan hal baik selama bulan puasa, kesehatan tubuh Anda dapat tetap terjaga.

Khususnya saat buka puasa. Ada beberapa tips agar buka puasa Anda bisa terkontrol demi menjaga kesehatan tubuh.

Cara ini diungkapkan oleh binaragawan Ade Rai. Ia membagikan tips sehat saat buka puasa agar tubuh tetap bugar selama bulan Ramadan.



Berikut tips sehat buka puasa ala Ade Rai, yang dilansir dari akun YouTube Dunia Ade Rai, Senin (11/3/2024).

1. Olahraga sebelum Berbuka

Pertama ialah melakukan olahraga atau workd out tipis-tipis jelang berbuka puasa. Tak perlu olahraga berat, gerakan ringan namun konsisten bisa Anda lakukan sebelum berbuka.

“Jadi sebelum buka kita cardio exercise dulu. Nah kardionya bisa pilih, mau pakai alat bantu atau pakai skipping aja,” kata Ade Rai.

Ia mengatakan, berolahraga sebelum buka puasa merupakan waktu yang tepat untuk membakar lemak. Setelah berpuasa selama lebih dari 10 jam, gula darah mulai menurun dan lemak akan dibakar menjadi sumber tenaga.

2. Makan Kandungan Lemak dan Serat

Berbukalah dengan menu makanan yang mengandung lemak dan serat. Ade Rai mengatakan, saat hendak makan tepat di jam berbuka, hindari mengonsumsi karbohidrat dan perbanyak asupan lemak serta serat.

“Problem buka puasa dengan karbohidrat saat masuk ke gula kita, saat gula tinggi otomatis pankreas kita akan merilis yang namanya insulin, dan itu bisa menyebabkan insulin spike. Makanya kalau habis buka sering pada ngantuk semua,” terangnya.



Beberapa menu yang disarankan ialah telur dengan butter dan kacang-kacangan untuk disantap saat buka puasa.

3. Makan Karbo setelah Latihan Beban

Setelah berbuka, Anda bisa kembali melakukan exercise salah satunya dengan angkat beban. Setelahnya, Anda boleh mengonsumsi karbohidrat. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari kondisi insulin spike yang bisa menyebabkan kantuk.

“Karbo masuk saat di situ (exercise) saja. Selebihnya makan sayur lagi, protein lagi,” jelas Ade.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1508 seconds (0.1#10.140)