Manfaat Daun Kelor untuk Penyakit Apa Saja? Salah Satunya Turunkan Kolesterol

Senin, 11 Maret 2024 - 08:05 WIB
loading...
Manfaat Daun Kelor untuk Penyakit Apa Saja? Salah Satunya Turunkan Kolesterol
Manfaat daun kelor untuk penyakit sangat beragam sehingga sering direkomendasikan menjadi makanan yang menyehatkan. Manfaat tumbuhan ini pun telah teruji. Foto/Istock Photo
A A A
JAKARTA - Manfaat daun kelor untuk penyakit sangat beragam sehingga sering direkomendasikan menjadi makanan yang menyehatkan. Manfaat tumbuhan ini pun telah teruji secara klinis.

Dokter spesialis penyakit dalam, dr Doddy Rizqi Nugraha mengatakan bahwa daun kelor mengandung nutrisi yang sangat tinggi. Mulai dari protein, vitamin A, B, C, iron dan magnesium yang bisa melindungi dari berbagai penyakit.

Kandungan antioksidan daun kelor yang tinggi, disebut dr Doddy bisa melindungi diri dari radikal bebas penyebab penyakit mematikan seperti kanker.

“Yang kedua, sayur kelor ini dia antioksidannya tinggi banget teman-teman. Jadi dia setara dengan buah stroberi, setara dengan buah bit yang mana antioksidan ini perlu banget untuk kesehatan kita menangkal radikal bebas,” kata dr Doddy dikutip dari akun Instagram pribadinya, Senin (11/3/2024).



Manfaat Daun Kelor untuk Penyakit Apa Saja? Salah Satunya Turunkan Kolesterol

Foto/Infografis SINDOnews

Berdasarkan penelitian, daun kelor yang juga dikenal sebagai moringa ini bermanfaat melawan peradangan di pembuluh darah. Seperti penyakit autoimun, dan rheumatoid arthritis.

“Yang ketiga, sayur kelor ini dari penelitian walaupun baru di hewan uji coba, dia dapat bermanfaat untuk melawan inflamasi alias peradangan. Jadi buat teman-teman yang sakitnya inflamasi base, kayak autoimun, rheumatoid arthritis, contohnya lupus itu sayur kelor ini bagus banget lho,” jelasnya.

“Teman-teman yang ada masalah di jantung ya untuk penyakit jantung koroner atau kolesterolnya tinggi inflamasikan dia menyebabkan peradangan di pembuluh darah. Jadi sayur kelor ini sangat direkomendasikan,” tambahnya.

Selanjutnya, daun kelor disebut dr Doddy juga bisa menurunkan gula darah sehingga aman dikonsumsi pasien diabetes. Terakhir, penyakit seperti kolesterol ampuh diatasi dengan daun kelor lantaran sayuran tersebut bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2190 seconds (0.1#10.140)