Sandiaga Dorong Kuliner Indonesia Naik Kelas, Sasar Pasar Global

Selasa, 12 Maret 2024 - 07:30 WIB
loading...
Sandiaga Dorong Kuliner Indonesia Naik Kelas, Sasar Pasar Global
Menparekraf Sandiaga Uno mendorong kuliner Indonesia naik kelas dan bersaing di pasar global. Foto/ Instagram
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno terus mendorong kuliner Indonesia untuk bisa naik kelas dan bersaing di pasar global.

Sandiaga mengatakan dari tiga subsektor ekonomi kreatif penyumbang PDB nasional, kuliner masih berada di posisi ketiga setelah kriya dan fesyen.



"Melalui program inkubasi kuliner ini kita dorong subsektor kuliner, khususnya produk dari peserta inkubasi ini untuk dapat masuk ke dalam ekosistem ekspor," ujar Sandi saat hadir dalam acara Temu Sapa Peserta Inkubasi Kuliner Borobudur di Jamur Borobudur, akhir pekan lalu.

Sandiaga menilai potensi subsektor kuliner Indonesia sangat tinggi baik dari konsumsi dalam negeri maupun luar negeri. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kontribusi industri kuliner mencapai 34 persen terhadap PDB tahun 2023.

Sementara di sisi konsumsi luar negeri, salah satu yang terbesar adalah pasar haji dan umrah yang nilainya diperkirakan mencapai lebih dari Rp65 triliun.

"Sebentar lagi juga kita akan masuk dalam momen Ramadhan dan lebaran di mana subsektor kuliner ini juga akan memiliki banyak peluang penjualan," terang Sandi.

Melalui berbagai materi yang didapatkan peserta dalam program inkubasi, diharapkan akan semakin meningkatkan kapasitas dan kapabilitas para peserta.



"Acara ini kita harapkan dapat semakin mengasah kreativitas dan mengeskalasi penggunaan digitalisasi dalam payung inovasi, adaptasi, dan kolaborasi," tuturnya.

Sementara, Direktur Industri Kuliner, Kriya, Desain dan Fesyen Kemenparekraf, Yuke Sri Rahayu menjelaskan, program inkubasi kuliner merupakan program dari Kemenparekraf dalam rangka percepatan pertumbuhan usaha di subsektor kuliner melalui pelatihan dan pendampingan selama enam bulan yang kemudian diikuti dengan lokakarya dan business matching.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1952 seconds (0.1#10.140)