Anak Belajar Puasa, Begini Cara Agar Tidak Mudah Lapar di Siang Hari

Kamis, 14 Maret 2024 - 06:00 WIB
loading...
Anak Belajar Puasa, Begini Cara Agar Tidak Mudah Lapar di Siang Hari
Mengajarkan anak untuk tidak mudah lapar di siang hari saat belajar puasa membutuhkan pendekatan lembut dan pengertian. Hal ini penting diketahui orang tua. Foto/Istock Photo
A A A
JAKARTA - Mengajarkan anak untuk tidak mudah lapar di siang hari saat belajar puasa membutuhkan pendekatan yang lembut dan pengertian. Hal ini penting diketahui para orang tua yang melatih anak puasa di usia dini.

Berbeda dengan anak-anak, orang dewasa akan lebih mudah menahan lapar di siang hari saat puasa . Namun, bagi si kecil yang baru belajar puasa, tidak makan dan minum selama beberapa jam di bulan Ramadan bisa menjadi tantangan tersendiri.

Beruntungnya ada beberapa cara agar anak tidak mudah lapar di siang hari saat belajar puasa. Dengan mengimplementasikan tips-tips ini secara konsisten dan memberikan dukungan yang memadai, Anda dapat membantu anak mengatasi rasa lapar selama belajar puasa dengan lebih baik.

Cara Agar Anak Tidak Mudah Lapar di Siang Hari saat Puasa



Berikut cara agar anak tidak mudah lapar di siang hari saat belajar puasa dilansir dari Health Shots, Kamis (14/3/2024).



1. Persiapkan Sahur yang Tepat


Pastikan anak Anda memiliki sahur yang seimbang dan bergizi. Pilihlah makanan yang kaya akan serat, protein, dan karbohidrat kompleks untuk membantu menjaga kenyang dan energi di siang hari.

2. Ajarkan Pemahaman tentang Puasa


Jelaskan kepada anak tentang arti dan tujuan berpuasa dalam agama Islam. Berbicaralah tentang kesabaran, kemandirian, dan kekuatan spiritual yang didapat dari berpuasa.

3. Libatkan Anak dalam Persiapan Sahur


Ajak anak Anda untuk membantu mempersiapkan sahur. Ini tidak hanya dapat membuat mereka lebih tertarik dengan makanan yang mereka konsumsi, tetapi juga memberikan rasa tanggung jawab dan keterlibatan dalam proses puasa.

4. Konsumsi Makanan dan Minuman yang Menjaga Kesehatan


Pastikan anak Anda minum banyak air selama sahur dan berbuka. Air membantu menjaga tubuh terhidrasi dan mengurangi rasa lapar. Hindari makanan yang terlalu manis atau berlemak, karena ini dapat membuat rasa lapar muncul lebih cepat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4807 seconds (0.1#10.140)