5 Bahaya Sering Minum Es saat Buka Puasa

Rabu, 13 Maret 2024 - 16:01 WIB
loading...
5 Bahaya Sering Minum Es saat Buka Puasa
Minuman dingin jadi pilihan favorit saat berbuka puasa. Namun, perlu mewaspadai sering minum dingin. Foto/ mashed
A A A
JAKARTA - Hidangan berbuka puasa identik dengan gorengan dan minum-minuman serba dingin. Bicara minuman dingin saat berbuka, ini menjadi pilihan untuk melepas dahaga dan bisa menyegarkan tubuh setelah seharian berpuasa.

Namun, apakah benar minuman dingin ini bisa memberikan efek segar setelah seharian berpuasa atau justru punya dampak buruk untuk kesehatan tubuh? Berikut ulasannya.



Mengonsumsi minuman dingin saat berbuka puasa ternyata tidak sepenuhnya disarankan. Pasalnya, perlu diketahui, di balik kesegaran yang didapatkan, terdapat bahaya yang mengintai di baliknya. Terlebih, jika mengonsumsinya secara berlebihan.

Nah, berikut beberapa dampak buruk jika sering minum air dingin saat berbuka puasa, dilansir berbagai sumber pada Rabu (13/3/2024), berikut ulasannya.

Bahaya Sering Minum Es

1. Gangguan pencernaan
Minum es saat berbuka puasa akan menyebabkan kinerja lambung menjadi lambat. Pasalnya, lambung harus menyesuaikan suhu es yang Anda minum dengan suhu tubuh terlebih dahulu.

Selain itu, selama berpuasa perut tidak terisi makanan dan minuman selama 13 jam sehingga akan kaget atau mengalami kontraksi ketika langsung menerima air dingin.

2. Sakit tenggorokan
Minum air dingin ketika berbuka puasa dalam kondisi perut kosong dan dilakukan secara rutin bisa mengakibatkan sakit tenggorokan dan hidung tersumbat. Karena air dingin bisa menghasilkan penumpukan lendir berlebih di saluran pernapasan.

3. Menghambat makanan ke perut
Penelitian dari Southern Medical University, Cina, menyebutkan mengonsumsi air dingin dalam keadaan perut kosong bisa menimbulkan akalasia, yakni kondisi ketika otot kerongkongan tidak mampu mendorong makanan atau minuman masuk ke lambung.

4. Menurunkan detak jantung
Sejumlah riset sudah menunjukkan, bahwa minum es saat buka puasa dapat merangsang saraf untuk menurunkan detak jantung dan dalam beberapa kasus bisa berbahaya bagi jantung.



5.Memicu sakit kepala
Berdasarkan studi dari Universitas RS Uppsala di Swedia, air dingin juga bisa mengakibatkan sakit kepala.

Dalam beberapa kasus, makanan atau minuman yang terlalu dingin bahkan dapat menyebabkan kepala dan otak terasa membeku. Pasalnya, minum es saat berbuka puasa bisa memicu produksi lendir yang berlebih pada tubuh.

Padahal, produksi lendir yang berlebih bisa menurunkan fungsi sistem pertahanan tubuh sehingga membuat tubuh mudah terserang penyakit.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3813 seconds (0.1#10.140)