Meretas Batas Kreativitas dan Menginspirasi Aksi melalui TEDxITB 7.0: The Impact Originator Hub

Kamis, 14 Maret 2024 - 13:43 WIB
loading...
Meretas Batas Kreativitas dan Menginspirasi Aksi melalui TEDxITB 7.0: The Impact Originator Hub
Pada Sabtu, 9 Maret 2024, the Cornerstone Auditorium Bandung menjadi tempat ide-ide baru lahir melalui serangkaian acara TEDxITB 7.0: The Impact Originator Hub.
A A A
BANDUNG - Pada Sabtu, 9 Maret 2024, the Cornerstone Auditorium Bandung menjadi tempat ide-ide baru lahir melalui serangkaian acara TEDxITB 7.0: 'The Impact Originator Hub'. Memasuki generasi ketujuh, TEDxITB kembali berhasil menciptakan panggung bagi para pemikir, inovator, dan penggerak perubahan melalui talk show bernama TED Talks dan wadah diskusi yang dinamakan Originators Lounge.

Lewat TED Talks, TEDxITB memberikan ruang bagi para pencetus ide kreatif dan penggerak inovasi untuk menyebarkan pemikirannya. Enam tokoh inspiratif dengan latar belakang berbeda hadir sebagai pembicara, di antaranya adalah Chen Kang Tan, Andi Taufan, Rafa Jafar, Veronika Krasnasari, Jessica Anastasia, dan Stefania Carla. Beberapa topik yang dibahas dalam acara TEDxITB 7.0 adalah terkait efisiensi energi, keberlanjutan, bisnis digital, pengembangan diri, hingga isu fast fashion.

Topik pertama yang dibawakan adalah tentang kehidupan. Beberapa di antara kita pasti penasaran akan apa arti kehidupan yang sesungguhnya. Melalui sesi ini, Jessica Anastasia membagikan pengalamannya untuk terus mendorong potensi dalam diri. “Teruslah mengikuti rasa penasaran kalian. Sama seperti aku, yang selalu bertanya bagaimana rasanya bisa berdiri disini”, ucap Jessica Tjoeng, salah satu student speaker di TEDxITB 7.0.

Menghadirkan enam pembicara dengan topik berbeda, TED Talks berlangsung selama tiga jam. Hingga sampai pada penghujung acara, topik terakhir yang diangkat adalah dampak fast fashion terhadap lingkungan. Pada sesi TED Talks terakhir, Veronika Krasnasari, the Asia’s Next Top Model, membahas tentang isu fast fashion yang menjadi salah satu penyumbang sampah terbesar di dunia. Menurut Veronika, kalau kita mencintai fashion, kita seharusnya menggunakan baju-baju yang kita punya dalam jangka waktu yang lama, alih-alih mengganti style sesuai trend terkini.

Ia juga mengajak generasi muda untuk mulai mengubah perspektif bahwa menjadi fashionable tidak memerlukan ratusan baju yang tertumpuk di lemari. Dengan menerapkan minimalist fashion, kita berkontribusi dalam mengurangi sampah dan mendukung keberlanjutan lingkungan.

Selain sesi talk show inspiratif, acara TEDxITB 7.0 juga melibatkan langsung 100 peserta dalam Forum Group Discussion (FGD) yang dinamakan sebagai Originators Lounge. Melalui wadah diskusi ini, para peserta diberi kesempatan untuk berinteraksi, berbagi ide, dan berkolaborasi untuk membawa perubahan global lewat beberapa studi kasus.

Harapannya, serangkaian acara TEDxITB 7.0: “The Impact Originator Hub” tidak hanya menjadi acara talk show biasa, tetapi menjadi ruang pendorong perubahan isu-isu global.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1145 seconds (0.1#10.140)