Ini 5 Masalah Menyusui Paling Umum dan Cara Mengatasinya

Jum'at, 14 Agustus 2020 - 22:25 WIB
loading...
Ini 5 Masalah Menyusui Paling Umum dan Cara Mengatasinya
ASI memberi bayi semua nutrisi yang mereka butuhkan untuk perkembangan yang sehat, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. / Foto: ilustrasi/Aleteia
A A A
JAKARTA - Menyusui tidak hanya bermanfaat bagi anak tetapi juga bagi sang ibu. ASI ( air susu ibu ) memberi bayi semua nutrisi yang mereka butuhkan untuk perkembangan yang sehat, dan meningkatkan sistem kekebalan bayi . Ibu menyusui cenderung mengalami penurunan berat badan lebih banyak dibandingkan mereka yang tidak menyusui.

(Baca juga: 10 Pasangan Superhero Terkuat dari Jagat Marvel Comics )

Mereka juga memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes, payudara, dan kanker ovarium. Namun menyusui tidak selalu datang dengan sendirinya, ada beberapa tantangan yang akan Anda hadapi di hari-hari awal terutama jika Anda seorang ibu baru.

Faktanya, masalah masih bisa muncul meskipun Anda merasa telah belajar menyusui dengan benar. Terkadang, masalah tak terduga ini bisa menyebabkan banyak kesakitan pada ibu. Hal ini juga dapat membuat bayi menjadi rewel dan frustasi sehingga menyebabkan penyapihan lebih awal.

Namun, memahami dan mempelajari tentang masalah umum menyusui ini dapat membantu Anda mengatasi kendala tersebut. Ada banyak masalah umum yang mungkin dihadapi ibu selama menyusui. Dr Prajual Hegde S, Konsultan, Obstetri & Ginekologi, Rumah Sakit Apollo Cradle & Anak, Bangalore mengungkapkan, meski Anda mungkin tidak menghadapi semua kemungkinan masalah, prosesnya juga tidak akan mulus.

Berikut adalah beberapa masalah umum yang mungkin dialami ibu menyusui bersama dengan saran tentang cara membuat menyusui lebih nyaman seperti dilansir dari Times Now News, Jumat (14/8).

1. Pembengkakan payudara

Setelah melahirkan, saat suplai ASI meningkat, payudara menjadi keras. Hal ini dapat menyebabkan nyeri yang kemungkinan akan mereda dalam beberapa hari dan akan hilang dalam beberapa minggu. Ketidaknyamanan dapat diredakan dengan sering menyusui, menggunakan kompres hangat dan dingin sebelum dan sesudah menyusui dan memijat payudara saat menyusui.

2. Payudara bocor

Ini merupakan masalah umum yang terjadi selama beberapa minggu pertama setelah kelahiran bayi. Anda harus memakai bantalan menyusui dan membawa cadangan. Anda juga dapat mengenakan atasan berwarna gelap sehingga menyamarkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6125 seconds (0.1#10.140)